Sukses


5 Pengumpan Maut di Liga Top Eropa Musim Ini

Bola.com, Jakarta - Liga-liga top Eropa akan berakhir sekitar tiga bulan lagi jika sesuai rencana. Yap, kompetisi di liga-liga top Eropa seperti La Liga, Bundesliga, Ligue 1, Premier League, dan Serie A sudah berjalan lebih dari setengah musim.

Selama sekitar 27 pekan liga domestik berjalan, tentunya terjadi banyak kejadian menarik. Dari berbagai laga yang telah. tersaji, pastinya menghasilkan berbagai statistik yang bisa dicermati.

Dua statistik yang dianggap paling utama ialah gol dan assist (umpan matang). 

Untuk mencetak gol, peran striker sangat penting dalam sebuah tim. Namun, tidak hanya itu. Pemberi assist juga mempunyai peran yang tidak kalah penting dalam proses terciptanya sebuah gol.

Situasi tersebut diyakini membuat banyak klub besar di liga-liga top Eropa merasa beruntung jika mendapat pemain yang piawai mencetak assist, karena dengan itu, peluang melahirkan gol jadi makin besar.

Berikut lima pemberi assist terbanyak di liga-liga top Eropa seperti dilansir Bola.com dari Ronaldo.com:

2 dari 6 halaman

5. Angel Di Maria

Kylian Mbappe, Mauro Icardi, dan Neymar kerap mencuri perhatian dengan catatan golnya di Paris Saint-Germain (PSG). Namun, keberhasilan pemain-pemain tersebut dalam mencetak gol tak lepas dari sosok Angel Di Maria.

Hingga saat ini, pemain asal Argentina itu sudah menyumbang 14 assist. Musim lalu, Di Maria hanya mengoleksi 12 assist.

Statistik Ligue 1 2019-2020

Pertandingan: 26

Gol: 8

Assist: 14

Menit Bermain: 2078

3 dari 6 halaman

4. Christopher Nkunku

Mungkin publik sepak bola dunia tak begitu familier dengan Christopher Nkunku. Padahal, musim ini gelandang berusia 22 tahun itu tampil oke bersama RB Leipzig.

Peran Nkunku dalam tim RB Leipzig bisa dikatakan cukup krusial. Ia mampu mengukir 14 assist musim ini.

Bahkan, lima di antaranya mengarah langsung ke Timo Werner, pemain yang sudah mengemas 21 gol di Bundesliga musim ini.

Catatan gol Werner hanya kalah dari Robert Lewandowski, yang sudah mengemas 25 gol.

Statistik Bundesliga 2019-2020

Pertandingan: 23

Gol: 4

Assist: 12

Menit Bermain: 1514

4 dari 6 halaman

3. Thomas Muller

Penunjukan Hans Flick sebagai pelatih Bayern Munchen sangat berpengaruh terhadap performa Thomas Muller. Flick bisa memainkan Muller dalam tiga posisi yang berbeda, yakni second striker, sayap hingga gelandang serang.

Belakangan ini pemain asal Jerman itu kembali menemukan permainan terbaiknya. Dalam 10 pertandingan terakhir, Muller mampu mengemas empat gol dan enam assist.

Khusus assist, Thomas Muller sudah mencatakan 16 assist untuk Bayern Munchen di Bundesliga sepanjang musim ini.

Statistik Bundesliga 2019-2020

Pertandingan: 25

Gol: 6

Assist: 16

Menit Bermain: 1610

5 dari 6 halaman

2. Jadon Sancho

Jadon Sancho menjadi satu di antara pemain yang cukup mencuri perhatian di liga-liga Eropa. Wajar tentunya jika klub-klub besar seperti Manchester United, Liverpool hingga Manchester City mengincarnya.

Musim ini Sancho memegang peran sentral di skuad Borussia Dortmund. Dari 10 pertandingan, Sancho mencetak lima gol dan tujuh assist. Tujuh dari 10 pertandingan itu berujung kemenangan.

Khusus assist, Sancho sudah menyumbang 16 assist untuk Borussia Dortmund di Bundesliga musim ini.

Catatan tersebut menjadikan Jadon Sancho sebagai pemain Inggris pertama yang mampu mencapai 15 assist di satu di antara liga top Eropa, sejak kali terakhir ditorehkan Frank Lampard pada 2004-2005.

Statistik Bundesliga 2019-2020

Pertandingan: 23

Gol: 14

Assist: 15

Menit Bermain: 1864

6 dari 6 halaman

1. Kevin de Bruyne

Sejauh ini Kevin de Bruyne menjadi raja assist di liga-liga top Eropa musim ini. Pemain asal Belgia itu sudah mencatatkan 17 assist untuk Manchester City di Premier League musim ini.

De Bruyne terlibat dalam 25 dari 68 gol yang dihasikan Manchester City sejauh ini di Premier League musim ini. Itu sama dengan 36,8 persen dari total gol the Citizens.

Musim lalu, De Bruyne kerap absen membela The Citizens karena cedera. Namun, hal tersebut tak mengurangi performanya musim ini.

Dalam 10 laga terakhirnya, De Bruyne menyumbang tujuh assist dan dua gol.

Statistik Premier League 2019-2020

Pertandingan: 26

Gol: 8

Assist: 17

Menit Bermain: 2246

Video Populer

Foto Populer