Sukses


UEFA Segera Bahas Nasib Piala Eropa 2020 di Tengah Ancaman Virus Corona

Bola.com, Nyon - Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) bakal menggelar pertemuan untuk membahas nasib Piala Eropa 2020. Pasalnya, turnamen antarnegara di Benua Biru itu terancam ditunda, akibat perkembangan virus Corona yang semakin masif.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan virus Corona atau COVID-19 sebagai pandemi global. Dampaknya pun mulai berpengaruh ke dunia olahraga, termasuk sepak bola.

Dua pemain Serie A, yakni Daniele Rugani dan Manolo Gabbiadini dinyatakan positif terpapar COVID-19. Sebelumnya, Serie A juga telah ditunda hingga 3 April 2020 dan bisa diperpanjang.

Langkah serupa juga dilakukan otoritas La Liga dengan menunda kompetisi selama dua pekan. Penundaan itu akibat Real Madrid mengarantinakan pemainnya selama 15 hari, setelah pemain tim basket Madrid, Trey Thompkins, positif terinfeksi virus Corona, Kamis (12/3/2020).

Selain itu, Juventus dan Inter Milan juga mengisolasi para pemainnya sebagai bentuk tindakan preventif terhadap virus Corona.

Pada Kamis (12/3/2020), UEFA menyatakan sikap terhadap COVID-19. Mereka akan mengundang perwakilan 55 negara anggota untuk melakukan rapat via telekonferensi video pada 17 Maret mendatang.

Selain itu, UEFA turut mengundang perwakilan dari dewan direksi Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa, dan perwakilan FIFPro. Diskusi ini bakal mencakup seluruh kompetisi domestik di negara-negara Eropa serta kelanjutan kompetisi di Benua Biru, termasuk di antaranya Piala Eropa 2020.

Video

2 dari 2 halaman

Terancam Ditunda

Kabarnya, UEFA secara serius mempertimbangkan untuk menunda gelaran akbar Piala Eropa 2020 selama satu tahun hingga musim panas 2021 mendatang.

Ajang turnamen antarnegara Eropa itu sejatinya bakal digelar mulai pertengahan Juni mendatang di 12 negara berbeda, dengan partai final dihelat di Wembley, London.

Penundaan ini juga memungkinkan jadwal kompetisi lokal musim depan bakal diundur, guna memberi ruang sisa laga musim ini untuk bisa diselesaikan.

Sumber: UEFA

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Ari Prayoga/Published: 12/3/2020)

Video Populer

Foto Populer