Sukses


Ragam Komentar Figur Lapangan Hijau Mengenai Wabah Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Mewabahnya virus corona membuat banyak kompetisi sepak bola terhenti. Hal ini membuat sejumlah bintang lapangan hijau menyuarakan pendapatnya.

Liga-liga top Eropa seperti Serie A Italia, La Liga Spanyol, Ligue 1 Prancis, Bundesliga Jerman, dan Premier League telah menghentikan sementara kompetisi yang sudah mendekati akhir musim. Shopee Liga 1 2020 juga akan dihentikan per Senin (16/3/2020).

Bahkan, federasi Sepak bola Eropa (UEFA) membuka wacana menggelar Piala Eropa 2020 pada Desember. "UEFA akan mempertimbangkan memindahkan Piala Eropa 2020 ke Desember, supaya tim-tim Premier League dan kompetisi lainnya bisa selesai musim panas ini," demikian dilansir Sportbible.

Menurut data WHO, ratusan ribu orang telah terinfeksi virus Corona. Italia menjadi negara Eropa terparah dengan 15 ribu lebih kasus.

Tak heran, pemerintah setempat pun memutuskan untuk menghentikan sementara Serie A. Saat ini, Serie A musim 2019-2020 telah memasuki pekan ke-27.

Piala Eropa 2020 semula bakal berlangsung pada Juli hingga Agustus 2020. Namun, pandemi virus Corona membuat sejumlah kompetisi di Benua Biru ditunda.

Akibatnya, musim 2019-2020 menjadi molor. Ada kemungkinan, kompetisi masih akan berlangsung hingga Juni sampai Agustus. Saat ini, ada 17 kompetisi di seluruh dunia yang mengalami penundaan. Berikut ini adalah daftar lengkapnya.

Hal ini membuat sejumlah bintang lapangan hijau menyuarakan pendapatnya. Pelatih juga tak ingin ketinggalan berkomentar. Berikut Bola.com merangkumnya.

Video

2 dari 6 halaman

Pesan Solidaritas Cristiano Ronalo

Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, buka suara menyikapi persebaran pandemi virus Corona atau COVID-19. Cristiano Ronaldo saat ini tengah menjalani karantina secara mandiri di kampung halamannya di Madeira, Portugal. Pemain 35 tahun itu dipastikan negatif virus Corona.

"Dunia sedang melalui momen sangat sulit yang membutuhkan kepedulian sepenuhnya dan perhatian dari kita semua," tulis Ronaldo di akun Twitter dan Instagram pribadinya.

"Saya hari ini berbicara kepada kalian bukan sebagai pesepak bola, tapi sebagai seorang anak, ayah, manusia biasa yang gelisah dengan perkembangan terakhir yang memberi dampak pada seluruh dunia," tambah Cristiano Ronaldo.

"Penting bagi kita untuk mengikuti saran dari WHO dan pemerintah tentang bagaimana kita menangani situasi saat ini," ujar Cristiano Ronaldo.

"Melindungi kehidupan manusia harus ada di atas segala kepentingan lainnya. Saya ingin menyampaikan rasa duka kepada semua orang yang kehilangan orang terdekat mereka, solidaritas saya untuk mereka yang melawan virus ini, seperti rekan setim saya Daniele Rugani. Dukungan tanpa henti saya untuk pekerja kesehatan luar biasa yang mempertaruhkan nyawa mereka untuk menolong orang lain," lanjutnya.

3 dari 6 halaman

Imbauan Robert Rene Alberts kepada Suporter Persib

Robert Rene Alberts mengimbau kepada Bobotoh yang ingin menyaksikan laga kandang Persib untuk tidak memaksakan diri jika dalam kondisi kurang baik. Apabila sedang sakit, bobotoh disarankan untuk mendukung dari rumah lewat siaran televisi.

"Serta mengimbau suporter yang daya tubuhnya kurang bagus, jangan pergi ke stadion dan sebelum nonton sebaiknya makan dulu dan membawa alat pertahanan diri dari virus corona," ujarnya.

4 dari 6 halaman

Antonio Conte Ajak Warga Italia Bersatu

Pelatih Inter Milan, Antonio Conte, ikut buka suara terkait pandemi virus Corona. Conte mengingatkan semua pihak agar tetap bersatu untuk melewati masalah ini dan mematuhi peraturan yang berlaku demi upaya menghentikan penyebaran virus menjadi lebih luas.

Antonio Conte pun mengirimkan pesan kepada para suporter Inter Milan dan masyarakat Italia. Melalui akun Twitter resmi Inter, Conte mengingatkan publik untuk tetap bersama dan pantang menyerah dalam menghadapi situasi ini.

"Mohon tetap di rumah dan hormati peraturan. Itu adalah satu-satunya cara untuk menghadapi keadaaan darurat ini," kata Conte.

"Ini adalah momen yang sulit dan berat tetapi jika kita tetap bersatu, kita akan melewatinya. Jangan Menyerah!"

5 dari 6 halaman

Balotelli Sepakat Serie A Dihentikan

Mario Balotelli menyetujui anjuran Asosiasi Pesepak Bola Italia bahwa Serie A harus dihentikan dulu sampai penyebaran virus corona terkendali.

"Saya setuju 100 persen. Uang tak sebanding dengan kesehatan, kita harus bangun. Jangan mengatakan kepada saya, 'Tapi kamu terlindungi!'," tulis striker Brescia, Balotelli.

"Saya cinta sepak bola lebih dari Anda mencintainya. Tapi, bepergian dengan bus, kereta, pesawat, tdiur di hotel, Anda sangat mungkin terpapar virus karena ada kontak dengan sekitar Anda," tambah Balotelli.

"Saya sudah tidak bisa melihat anak saya sendiri karena virus ini. Anak-anak saya tidak tinggal di Lombardy, tapi tetap saja saya dilarang bepergian. Ini menyedihkan," ujarnya lagi.

6 dari 6 halaman

Kritik Pedas Angelo Ogbonna

Bek West Ham United, Angelo Ogbonna, geram sekaligus lega Premier League akhirnya dihentikan. Ia menilai Premier League lamban dan tidak menganggap serius wabah mematikan ini.

“Saya senang dan lega ketika semua kompetisi sekarang telah ditangguhkan, termasuk liga di divisi bawah. Hampir seolah-olah mereka ingin mengabaikan masalah serius seperti itu,” kata Ogbonna kepada surat kabar Corriere della Sera.

“Bukan hanya sepakbola, tetapi masalah ini sudah tertanam dalam mentalitas orang Inggris. Mereka masih tidak menyadari bahaya virus ini dapat menular dalam hitungan detik jika Anda tidak berperilaku dengan cara yang benar.”

“Benar-benar tidak bisa diterima pertandingan Arsenal melawan kami tetap berlangsung. Mereka baru saja melawan Olympiakos, yang Presidennya dinyatakan positif terkena Coronavirus,” lanjutnya.

“Saya belum mendapatkan pemeriksaan apapun. Ini adalah salah satu bukti tentang sikap dangkal mereka dalam mengatasi hal ini,” tandasnya.

Video Populer

Foto Populer