Alessandro Del Piero Memahami Maurizio Sarri Butuh Waktu di Juventus

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 16 Mar 2020, 13:45 WIB
Diperbarui 16 Mar 2020, 13:45 WIB
Alex Del Piero

Bola.com, Los Angeles - Sebagai mantan pemain sepak bola yang pernah memperkuat Juventus, Alessandro Del Piero, mengtahui betul bagaimana skema yang diterapkan Maurizio Sarri terhadap Bianconeri tidak mudah untuk dijalankan. Legenda Juventus itu meminta publik untuk bersabar.

Jika dilihat dari performanya, Juventus nampak baik-baik saja. Mereka duduk di puncak klasemen Serie A dengan raihan satu poin lebih banyak atas pesaing terdekatnya, Lazio. Juventus juga baru merasakan tiga kekalahan.

Masalahnya, kekalahan tersebut berasal dari tim yang, di atas kertas, seharusnya bisa dikalahkan Juventus. Contoh yang paling nyata terlihat saat menghadapi Hellas Verona, di mana Bianconeri kalah dengan skor 1-2.

Pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Juventus tertimpa sial. Cristiano Ronaldo dkk. tak mampu menjebol gawang Olympique Lyon dan harus pulang sambil tertunduk lesu karena kalah dengan skor 0-1.

Alhasil, seruan ketidakpuasan publik terhadap Sarri jadi lebih lantang terdengar. Mantan pelatih Chelsea dan Napoli tersebut mulai didesak untuk segera angkat kaki dari Allianz Stadium dalam waktu dekat.

Namun, Del Piero tidak sepakat. Menurutnya, skema yang diusung Sarri butuh waktu banyak sampai bisa terealiasi dengan sempurna. Del Piero meminta fans Juventus untuk bersabar.

"Sarri menciptakan gagasan akan sepak bola yang indah di Empoli dan Napoli, tapi butuh waktu untuk bisa tercapai, dengan sesi latihan harian serta komunikasi yang terus-menerus," ujarnya kepada Sky Sport Italia.

"Juventus tidak memiliki waktu, sebab mereka memainkan banyak pertandingan, oleh karenanya seorang pelatih bisa meminta lebih dari satu tahun agar gagasannya bisa masuk ke dalam tim," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Juventus Berada di Jalur yang Tepat

Pelatih Juventus, Maurizio Sarri.
Pelatih Juventus, Maurizio Sarri. (AFP/Jonathan Nackstrand)

Maurizio Sarri, dengan metode 'Sarriball', bisa memanjakan mata publik dengan atraksi operan satu dua antar pemain dan menyuguhkan permainan menyerang. Sekilas agak mirip dengan skema Josep Guardiola di Barcelona dulu.

Publik tidak melihat keindahan itu di Juventus, begitu juga dengan Del Piero. Namun ia yakin Bianconeri akan kembali ke jalan yang lurus begitu para pemain sudah benar-benar paham dengan skema Sarri.

"Kami belum melihat banyak keindahan sepak bola dalam Juventus usungan Sarri, tapi sudah terlihat sedikit, jadi saya pikir mereka ada di jalur yang tepat," tambahnya.

"Bagaimanapun juga, mereka masih berada di puncak Serie A dan dengan kesempatan untuk lolos ke babak perempat final Liga Champions," pungkasnya.

Sumber: Football Italia

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 16/3/2020)

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
5 Klub Terboros di Bursa Transfer 20 Tahun Terakhir