Sukses


13 Liga Sepak Bola yang Tetap Berjalan di Tengah Pandemi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Virus Corona atau yang dikenal dengan COVID-19 menyerang berbagai kalangan mulai orang biasa hingga publik figur seperti pesepak bola dunia. Selain itu, mulai menyebarnya virus Corona menyebabkan ajang olahraga, terutama sepak bola, terganggu.

Kompetisi domestik top Eropa, seperti Ligue 1, La Liga, Serie A hingga Premier League harus dihentikan sementara waktu. Selain itu, tiga turnamen besar Eropa, Piala Eropa, Liga Champions, dan Liga Europa, juga terancam ditunda.

Langkah tersebut diambil agar virus yang diduga berasal dari Wuhan, China, itu tidak makin meluas penyebarannya. Apalagi penyebaran virus Corona tersebut kini sudah berstatus pandemi. 

Kalangan olahragawan, seperti pesepak bola ikut terpapar virus Corona, seperti Daniele Rugani (Juventus), Callum Hudson-odoi (Chelsea), Patrick Cutrone (Fiorentina), dan pelatih Arsenal, Mikel Arteta.

Hasil positif itu membuat beberapa klub langsung bertindak cepat dengan mengarantina skuad.

Beberapa klub Eropa yang mengisolasi pemainnya ialah Juventus, Arsenal, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, Valencia, hingga Atalanta.

Pengelola liga domestik di banyak negara telah mengambil langkah dengan menghentikan kompetisi untuk sementara waktu untuk membantu mengurangi penyebaran virus Corona.

Namun, ada beberapa kompetisi sepak bola yang tetap berjalan seperti biasa di tengah hiruk pikuk pandemi virus Corona.

Melansir dari Marca, Senin (16/3/2020), setidaknya ada enam liga di Eropa yang tidak terganggu adanya virus Corona, yakni Liga Rusia, Liga Belarusia, Turki, Hungaria, Serbia, dan Ukraina.

2 dari 3 halaman

Digelar Tanpa Penonton

Meski tetap berjalan, sebagian liga-liga tersebut melangsungkan laga dengan tertutup alias tanpa penonton. Kecuali Liga Rusia yang tetap dihadiri penonton.

Pada laga Zenit St. Petersburg kontra Ural yang berakhir dengan skor 7-1, Sabtu (14/3/2020), dihadiri sekitar 33.677 penonton.

Selain Eropa, liga di benua Amerika, seperti liga Argentina, Meksiko, dan Brasil masih berlangsung. Sementara, pengelola liga di Colombia, Uruguay, dan Amerika Serikat memilih menangguhkan kompetisi.

Kemudian di Asia, ada liga Australia (A-League) yang masih tetap berjalan. Tak hanya liga utama putranya saja, melainkan juga kompetisi putri (W-League).

Sementara di Asia Tenggara, liga di Kamboja berjalan seperti biasa, sedangkan liga domestik di Myanmar dan Singapura tetap bergulir, namun tanpa kehadiran penonton.

Sumber: Berbagai sumber

3 dari 3 halaman

Daftar Kompetisi Domestik yang Masih Berjalan

1. Liga Rusia

2. Liga Belarusia

3. Liga Turki

4. Liga Hungaria

5. Liga Serbia

6. Liga Ukraina

7. Liga Argentina

8. Liga Meksiko

9. Liga Brasil

10. Liga Australia

11. Liga Kamboja

12. Liga Singapura 

13. Liga Myanmar

Video Populer

Foto Populer