Presiden FIFA Bakar Semangat Perlawanan Sepak Bola Melawan Virus Corona

Oleh Marco Tampubolon pada 17 Mar 2020, 16:10 WIB
Diperbarui 17 Mar 2020, 16:10 WIB
Para Pemimpin ASEAN Diberi Jersey oleh FIFA
Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan sambutan pada acara penandatanganan Nota Kesepahaman antara FIFA dan ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019). Penandatanganan itu dalam rangkaian acara KTT ke-35 ASEAN dan disaksikan para pemimpin negara-negara ASEAN. (Liputan6.com/Biro Pers Setpres)

Jakarta - Presiden FIFA, Gianni Infantino, meminta seluruh stake holder sepak bola untuk bersama-sama ikut memerangi penyebaran virus Corona model terbaru. Kekuatan dari permainan ini menurutnya bisa berperan besar dalam menyampaikan pesan terkait wabah yang sudah menjadi pandemi global itu. 

Seperti dilansir BBC, pesan ini disampaikan Infantino lewat surat yang dikirimkan kepada anggota dan seluruh pemangku kepentingan sepak bola di seluruh dunia. Dalam surat tersebut, Infantino juga menggarisbawahi pentingnya untuk selalu mengikuti arahan dari Organisasi Kesehatan Dunia, WHO.

"Saat ini kita harus mengerahkan semua kekuatan kita untuk melindungi, fans, pemain, pelatih, dan semua orang yang terlibat dalam permainan indah ini," kata Infantino dalam suratnya. 

"Yang paling penting, otoritas sepak bola harus menempuh semua langkah yang dibutuhkan dalam mencegah virus ini menular lebih luas lagi," sambung pria asal Argentina tersebut. 

"Dalam kerja sama dengan WHO, kami meluncurkan program inisiatif membangun kesadaran yang dirancang untuk memberi rekomendasi praktis dan langkah-langkah pencegahan Covid-19."

Virus Corona model terbaru saat ini memang tengah menjadi masalah dunia. Virus yang belum ada vaksin penangkalnya itu sudah ditemukan di lebih dari 150 negara. Menurut data yang dirilis WHO, virus Corona telah menjangkiti lebih dari 160 ribu orang dan menewaskan ribuan orang.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Kesehatan yang Utama

gianni infantino
Gianni Infantino terpilih sebagai Presiden FIFA 2016-2020 dalam Kongres Luar Biasa FIFA di Zurich, Jumat (26/2/2016). (AFP/Fabrice Coffrini)

Penyebaran virus ini membuat sejumlah negara menrepkan kebijakan lockdown. Berbagai kegiatan yang berpotensi menghadirkan massa ditiadakan, termasuk pertandingan sepak bola. Sejumlah kompetisi domestik dihentikan. Begitu juga dengan pertandingan-pertandingan internasional. 

Lima liga top Eropa, yakni Serie A, Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Bundesliga untuk sementara mati suri. Sementara UEFA juga tengah membahas kemungkinan penundaan Euro 2020. Sedangkan liga-liga lain yang masih bergulir sebagian besar berlangsung tanpa penonton. 

Tidak hanya itu, virus Corona juga telah menjangkiti sejumlah pemain, pelatih, dan manajemen klub. Kabar terbaru menyebutkan, 35 persen dari skuat Valencia sudah dinyatakan positif Covid-19.

Copa Amerika sepertinya masih tetap akan berlangsung sesuai jadwal. Namun Infantino kembali menegaskan kalau keselamatan harus menjadi pertimbangan utama sebelum menggelar laga. 

"Kesehatan yang utama dan solidaritas olahragawan menjadi kunci penting bagi panduan dalam mengambil kebijakan dalam momen penting pada waktunya. Dan saya yakin seluruh komunitas sepak bola akan hidup sesuai dengan nilai-nilai besar dari olahraga itu sendiri," kata Infantino. 

 

3 dari 4 halaman

Solidaritas adalah Kunci

Gianni Infantino
Mantan Sekretaris Jenderal UEFA, Gianni Infantino, resmi terpilih sebagai Presiden FIFA periode 2016-2021. (FIFA).

Sejauh ini, Infantino sangat senang melihat solidaritas komunitas sepak bola. Namun dia berpesan agar hal seperti ini bisa berlanjut dan semakin ditingkatkan ke depannya. Infantino juga meminta stake holder sepak bola tidak buru-buru memikirkan resiko dari  wabah virus Corona terhadap kompetisi. 

"Kapan kita mulai memikirkan bagaimana cara mengatasi konsekuensi yang harus kita hadapi untuk masa depan permainan kita, begitu risiko serius ini bagi kesehatan manusia ada di belakang kita".

Lewat suratnya, Infantino berjanji akan selalu menjalin kontak dengan seluruh pihak berwenang untuk mencari solusi terhadap situasi sulit yang tengah dihadapi insan olahraga, khususnya sepak bola.

"Olahraga pada umumnya dan sepak bola pada khususnya bisa--dan saya yakin akan-- memainkan peranan besar dalam membantu pemulihan dunia, semoga lebih cepat, dan kembali normal."

"Keadaan menantang ini, menawarkan kesempatan bagi orang-orang untuk berkumpul bersama, menunjukkan apa yang dapat mereka lakukan dalam semangat kolektif, dan muncul lebih kuat dan lebih siap untuk masa depan. Kita tahu bahwa ini adalah salah satu momen itu."

 

Sumber asli: BBC

Disadur dari: Liputan6.com (Marco Tampubolon, Published 17/3/2020)

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓