Sukses


Komentar Presiden UEFA Terkait Penundaan Piala Eropa 2020

Bola.com, Nyon - UEFA resmi menunda perhelatan Piala Eropa 2020 hingga satu tahun ke depan akibat virus Corona. Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, menyebut keputusan itu diambil demi kesehatan dan keselamatan orang banyak.

Pandemi virus Corona atau COVID-19 di Eropa dan sejumlah negara lainnya semakin mengkhawatirkan. Berdasarkan laporan dari Johns Hopkins University CSSE, Selasa (17/3/2020) malam WIB, pasien positif Corona telah menembus angka 185 ribu lebih di seluruh dunia.

Situasi tersebut membuat UEFA menggelar teleconference dengan 55 anggota pada Selasa. Pertemuan tersebut untuk membahas kelanjutan perhelatan Piala Eropa 2020.

Rencananya, turnamen antarnegara Eropa itu akan berlangsung pada 12 Juni sampai 12 Juli mendatang di 12 kota. Akan tetapi, pendemi virus Corona mengancam penyelenggaraan Piala Eropa 2020.

UEFA pun akhirnya memutuskan untuk menunda Piala Eropa hingga 12 bulan ke depan, atau sampai musim panas 2021. Turnamen antarnegara di Eropa itu tetap memakai format yang sama dan dihelat pada 11 Juni sampai 11 Juli 2021.

Selain itu, pertandingan playoff Piala Eropa 2020 yang dijadwalkan berlangsung pada akhir Maret mendatang, akan dimainkan pada awal Juni tahun ini.

 

Video

2 dari 3 halaman

Komentar Presiden UEFA

Aleksander Ceferin menyebut langkah untuk menunda Piala Eropa 2020 mendapat dukungan penuh dari anggota UEFA. Apalagi, penundaan tersebut demi keselamatan banyak pihak, di tengah semakin mewabahnya virus Corona.

"Kesehatan suporter, staf, dan pemain harus menjadi prioritas nomor satu kami, dan dengan semangat itu, UEFA mengajukan berbagai opsi sehingga kompetisi dapat berakhir musim ini dengan aman dan saya bangga dengan respons rekan-rekan saya di seluruh sepak bola Eropa," ujar Ceferin.

"Ada semangat kerja sama yang nyata, dengan semua orang mengakui jika mereka harus mengorbankan sesuatu untuk mencapai hasil terbaik. Adalah penting sebagai badan sepak bola Eropa, UEFA memimpin proses dan melakukan pengorbanan terbesar," lanjutnya.

"Memindahkan Piala Eropa 2020 membuat UEFA mengeluarkan biaya yang sangat besar, tetapi kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan pendanaan untuk akar rumput, sepak bola wanita, dan pengembangan sepak bola di 55 negara anggota tidak terpengaruh."

"Tujuan dari keuntungan telah menjadi prinsip panduan kami dalam mengambil keputusan ini untuk kebaikan sepak bola Eropa secara keseluruhan," tuturnya.

Berikut ini adalah hasil rapat UEFA seperti dilansir BBC:

3 dari 3 halaman

Hasil Rapat UEFA:

1. Piala Eropa 2020 ditunda selama setahun (11 Juni sampai 11 Juli 2021) dengan harapan semua kompetisi domestik dapat selesai tepat waktu.

2. Semua kompetisi dan pertandingan UEFA, termasuk laga persahabatan klub dan tim nasional, baik pria maupun wanita telah ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut.

3. Pertandingan playoff Piala Eropa 2020 yang dijadwalkan pada akhir Maret, akan dimainkan pada awal Juni mendatang.

4. Keputusan tentang tanggal untuk kompetisi UEFA lainnya di ketagori pria dan wanita, termasuk Piala Eropa Wanita 2021, Liga Champions dan Liga Eropa, akan diumumkan pada waktunya.

Sumber: UEFA, BBC

Video Populer

Foto Populer