Sukses


Piala Eropa 2020 Mundur Setahun, Ini Deretan Ajang Olahraga Dunia yang Kacau akibat Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Dunia tengah bergejolak akibat pandemi virus Corona. Ajang olahraga, menjadi kegiatan yang terdampak cukup besar. 

Terbaru, UEFA mengumumkan Piala Eropa 2020 mundur setahun. Semula, pesta sepak bola Eropa itu akan digelar di 12 negara dengan semifinal dan final di Inggris pada 11 Juni-11 Juli.

Namun, situasi tidak memungkinkan karena Eropa dan Inggris tengah berjuang untuk mengatasi wabah tersebut. Beberapa negara Eropa masuk daftar tertinggi dari jumlah korban.

Hingga Rabu (18/3/2020) pagi, ada 31.506 kasus di Italia, kemudian Spanyol (11.826), Jerman (9.367), Prancis (7.730), Swiss (2.742) Inggris (1.950), Belanda (1.705), Norwegia (1.470), Austria (1.332), Belgia (1.243), dan Swedia (1.196).

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, menyebut keputusan itu diambil demi kesehatan dan keselamatan orang banyak. Turnamen antarnegara di Eropa itu tetap memakai format yang sama dan dihelat pada 11 Juni sampai 11 Juli 2021.

Selain itu, pertandingan play-off Piala Eropa 2020 yang dijadwalkan berlangsung pada akhir Maret mendatang, akan dimainkan pada awal Juni tahun ini.

"Kesehatan suporter, staf, dan pemain harus menjadi prioritas nomor satu kami, dan dengan semangat itu, UEFA mengajukan berbagai opsi sehingga kompetisi dapat berakhir musim ini dengan aman dan saya bangga dengan respons rekan-rekan saya di seluruh sepak bola Eropa," ujar Ceferin.

Video

2 dari 5 halaman

Ajang yang Ditunda dengan Jadwal Baru yang Sudah Ditetapkan

Selain Piala Eropa 2020, ajang-ajang olahraga poluler di dunia juga dimundurkan. Berikut rangkumannya.

Ajang yang resmi ditunda dengan jadwal yang sudah ditetapkan:

Copa America 2020

CONMEBOL resmi memundurkan Copa America 2020 ke tahun 2021. Jadwal semula, ajang ini akan digelar pada 11 Juni hingga 11 Juli 2020 di Argentina dan Kolombia.

Prancis Terbuka 2020

Penyelenggara Prancis Terbuka 2020 memundurkan balapan dari bulan Mei ke September 2020. Saat ini, Prancis tengah lockdown sehingga tidak memungkinkan ajang itu digelar pada Mei.

3 dari 5 halaman

Ajang yang Ditunda dengan Jadwal Baru yang Belum Ditetapkan

Formula 1

Formula 1 awalnya ingin menggelar seri pertama musim ini di Australia tanpa penonton. Tapi, setelah satu anggota tim McLaren terjangkit virus Corona, seri pertama itu ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

MotoGP 

FIM dan Dorna Sports hingga sekarang masih belum menentukan kapan dan di mana balapan perdana MotoGP 2020 berlangsung. Opsi terbaru yakni balapan musim ini bisa saja lanjut sampai tahun depan.

Formula E

Formula E tahun ini juga ditunda. FIM bahkan mengirim sinyal akan menund ajang balapan hingga 2021, termasuk untuk F1 dan MotoGP.

Olimpiade 2020

Jepang memang belum memberi pernyataan apakah akan menunda atau menggelar ajang ini sesuai jadwal. Namun, melihat situasi terkini, ada kemungkinan ajang ini juga digelar pada tahun depan.

NBA

NBA 2019-2020 terancam ditunda setidaknya selama tiga bulan sebagai antisipasi pandemi virus Corona. Sedangkan untuk G-League, liga minor NBA, kemungkinan besar musimnya dihentikan sama sekali.

4 dari 5 halaman

Liga Sepak Bola Dunia

Seluruh kompetisi sepak bola di dunia terganggu oleh virus Corona. Dimulai dari Liga China yang dihentikan sejak virus Corona mewabah di Wuhan. Kemudian Liga Jepang, K-League (Korea Selatan), Hong Kong, hingga ke negara Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Di Eropa, kompetisi elite, Premier League, Serie A, La Liga, Ligue 1, Bundesliga, Eredivisie, juga dihentikan sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Update terbaru, UEFA menyebut klub-klub sepakat menuntaskan liga pada 30 Juni mendatang.

Melansir dari Marca, hingga Senin (16/3/2020), setidaknya ada enam liga di Eropa yang tidak terganggu adanya virus Corona, yakni Liga Rusia, Liga Belarusia, Turki, Hungaria, Serbia, dan Ukraina.

Selain itu, kompetisi antarklub di dunia juga terganggu, di antaranya Liga Champions, Liga Europa, belum lagi turnamen di benua lain, termasuk Asia dan Amerika.

5 dari 5 halaman

Kualifikasi Piala Eropa, Piala Dunia Zona Asia

Selain laga play-off Kualifikasi Piala Eropa yang mundur, sepak bola di lingkup Asia (AFC) juga ikut terkena dampak. Malah, AFC telah memberi keputusan sebelum UEFA, karena wabah virus menyerang negara Asia lebih dahulu.

AFC menunda semua pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022, termasuk untuk zona Asia yang diikuti Timnas Indonesia. Jadwal Timnas Indonesia dalam kalender FIFA yang diagendakan pada Maret dan Juni 2020 mengalami perubahan. Hal tersebut terjadi karena adanya virus Corona.

Seharusnya, pada bulan ini, Timnas Indonesia dijadwalkan berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2020 sebanyak dua kali, yakni melawan Thailand dan Uni Emirat Arab. Kemudian, di bulan Juni, Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam.

Semua pertandingan itu pun akan dilangsungkan pada Oktober dan November mendatang.

Video Populer

Foto Populer