VIDEO: Ini Laga Liga Champions yang Disebut Pemicu Pandemi Virus Corona

Oleh Okie Prabhowo pada 21 Mar 2020, 16:07 WIB
Diperbarui 21 Mar 2020, 16:07 WIB

Bola.com, Milan - Seorang ahli imunilogi (ilmu terkait sistem kekebalan organisme) bernama Francesco Le Foche menyebut pertandingan leg I babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 antara Atalanta melawan Valencia menjadi salah satu pemicu penyebaran virus Corona di Bergamo, Italia. Kota tersebut menjadi salah satu yang terparah merasakan dampak pandemi virus Corona.

Laga Atalanta vs Valencia dihadiri 44.236 penonton. Ketika itu, pasukan Gian Piero Gasperini bermain di Stadion Giuseppe Meazza di Kota Milan. Atalanta menang 4-1 atas Valencia.

"Kemungkinan ada beberapa pemicu utama dan katalis penyebaran virus. Salah satunya mungkin saja pertandingan Atalanta vs Valencia," kata Le Foche kepada surat kabar Corriere dello Sport, seperti dilansir dari Football Italia.

"Sebulan setelah pertandingan tersebut kini dampaknya, jadi tepat waktunya. Ribuan orang berkumpul dan hanya berjarak beberapa sentimeter satu sama lain. Mereka juga pastinya mengekspresikan euforia seperti berpelukan, berteriak, dan semua itu bisa menyebabkan satu sama lain terpapar."

“Saya membayangkan pasti banyak orang yang telah membeli tiket pertandingan tidak ingin melewatkan pertandingan. Bahkan, mereka tetap datang meski merasa sedikit demam. Dengan melihat hal itu lagi, tentu sesuatu yang gila bila sekarang dilakukan. Akan tetapi, pada saat itu hal-hal terkait virus Corona belum cukup jelas," ujar Le Foche.

Liga Champions kini dihentikan sementara karena meluasnya dampak pandemi virus Corona di negara-negara Eropa. Sementara itu, klub Valencia juga sempat mengumumkan bahwa 35 persen dari skuat dan stafnya positif Corona.