VIDEO: Presiden IOC, Thomas Bach Tegaskan Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda Tahun Depan Akibat Covid-19

Oleh Yusuf Satria pada 25 Mar 2020, 09:43 WIB
Diperbarui 25 Mar 2020, 10:04 WIB

Bola.com, Jakarta Perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 resmi ditunda hingga tahun depan akibat pandemi virus corona (COVID-19) yang mengguncang dunia. Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 mengatakan event olahraga terbesar di dunia akan ditunda setahun atau digelar pada 2021.  Sesuai jadwal, Olimpiade Tokyo 2020 seharusnya bergulir mulai 24 Juli 2020 hingga 9 Agustus 2020. Namun, sejak beberapa pekan terakhir mengalir usulan dan desakan supaya event tersebut ditunda karena penyebaran COVID-19 di dunia makin melebar. 

Jepang awalnya masih berat untuk menunda jadwal Olimpiade. Beberapa pekan terakhir, Jepang bahkan masih yakin ingin menyelenggarakan Olimpiade sesuai rencana. Namun, Jepang akhirnya memutuskan menunda Olimpiade Tokyo 2020. Event tersebut kemungkinan digelar pada musim panas 2021. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengatakan Komite Olimpiade Internasional (IOC) sudah menyetujui penundaan Olimpiade 2020. Abe mengaku berdiskusi langsung dengan Presiden IOC, Thomas Bach, melalui telepon tentang pengajuan penundaan tersebut.  "Saya mengajukan penangguhan sekitar setahun dan Presiden (IOC) Thomas Bach merespons dengan menyetujui 100 persen," kata Abe, seperti dilansir BBC, Selasa (24/3/2020). 

Menurut Abe, keputusan penundaan tersebut diambil karena mempertimbangkan kondisi terkini terkait pandemi COVID-19. Selain itu, kesehatan dan keselamatan atlet menjadi pertimbangan utama. Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 berharap atlet bisa tampil di Olimpiade dengan kondisi terbaik. Selain itu, pihaknya juga ingin kesehatan dan keselamatan para atlet, ofisial, dan penonton terjamin.  "Kami menyepakati penundaan adalah cara terbaik untuk memastikan atlet mencapai kondisi puncak ketika mereka bertanding dan untuk menjamin keselamatan para penonton," ujar Abe, tentang alasan penundaan Olimpiade Tokyo 2020. 

Sebelumnya berbagai event olahraga, mulai sepak bola, bulutangkis, MotoGP, Formula 1, tenis, basket, voli, hingga tinju juga ditunda atau dihentikan sementara. Di kancah sepak bola, liga-liga domestik di berbagai negara terpaksa dihentikan sementara. Adapun Piala Eropa dan Copa America yang seharusnya digelar tahun ini juga mundur setahun. Olimpiade Tokyo 2020 menjadi event olahraga kesekian yang terpaksa ditunda karena pandemi COVID-19.

Sumber: BBC