Sukses


Liga Belarusia Tetap Bergulir di Tengah Pandemi Corona, Bahkan Penonton Boleh Hadir

Bola.com, Jakarta - Tidak seperti mayoritas negara Eropa yang menghentikan atau menangguhkan kompetisi sepak bolanya karena pandemi virus corona COVID-19, Belarusia akhirnya tetap menggulirkan liga. Penonton pun juga diperbolehkan hadir ke stadion menyaksikan langsung.

Ini dikarenakan Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko tidak melarang kegiatan olahraga di negara bekas Uni Soviet tersebut. Lukashenko juga tidak memberlakukan physical distancing layaknya negara-negara lain di dunia.

"Lebih baik mati berdiri ketimbang bertekuk lutut mempertahankan hidup," ujar Lukashenko setelah bermain hoki es dengan koleganya.

Presiden yang telah berkuasa sejak 1994 itu mengklaim 'tidak melihat' virus di lapangan tempat ia bermain hoki es. Padahal, dalam laporan dari situs WHO per Minggu (29/3/2020), tercatat ada 94 warga negara Belarusia yang positif corona.

"Saya tidak melihat ada virus di lapangan ini," tambahnya lagi.

Operator Liga Belarusia juga masih memperbolehkan suporter untuk mendatangi stadion guna menyaksikan langsung pertandingan sepak bola. Masih banyak juga penonton yang tidak mengenakan masker pelindung di stadion.

 

Video

2 dari 3 halaman

Banjir Uang dari Hak Siar

Belarusia memiliki dua klub yang cukup terkenal dan rutin merasakan kejuaraan antarklub Eropa, yakni BATE Borisov dan Dinamo Minsk. Dua klub tersebut cukup manjur menyita perhatian penikmat sepak bola Eropa.

Meski tak ada data mengenai berapa pemasukan yang didapat dari hak siar, dilansir dari Reuters, terdapat sedikitnya 10 negara di dunia yang menyiarkan Liga Belarusia. Negara-negara tersebut di antaranya Rusia dan India, dua negara yang berpenduduk banyak.

3 dari 3 halaman

Ajak Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Berkompetisi di Belarusia

Ajakan itu dilontarkan mantan pemain Arsenal dan Barcelona yang berkebangsaan Belarusia, Alexander Hleb. Tentu saja, ajakan itu hanya candaan.

"Seluruh dunia saat ini menonton Liga Belarusia. Semua orang seharusnya melihat televisi dan menonton kami. Saat NHL menutup musimnya, ada banyak pemain hoki es yang pergi ke Rusia untuk bermain," kata Hleb seperti dilansir The Sun, Selasa (24/3/2020).

"Mungkin Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sebaiknya datang ke Liga Belarusia untuk terus bermain. Inilah satu-satunya tempat Anda bisa bermain di Eropa. Paling tidak orang-orang Belarusia akan merasa senang," imbuh Hleb.

Hleb tak menutupi kekhawatiran pandemi virus corona juga mungkin bisa berdampak buruk di Belarusia. Hingga awal pekan ini sudah ada 81 orang yang positif terinfeksi virus corona.

"Semua tim tetap berlatih seperti biasa, mempersiapkan diri menghadapi musim baru. Tak ada yang mau tahu (tentang corona). Saya peduli terhadap kesehatan saya dan juga keluarga. Saya berusaha menghindari kontak dengan orang lain. Saya tidak akan bermain di Isloch (klub Hleb sekarang)," urai Hleb.

"Cukup sulit menjelaskan apa yang terjadi di Belarusia. Di saat liga-liga lain di dunia berhenti, di sini terlihat seperti tak terjadi apa-apa. Entahlah mengapa, saya tidak tahu."

"Mungkin dalam satu atau dua pekan akan ada pemberhentian liga di sini. Presiden kami mungkin mau menunggu apa yang akan terjadi," Hleb.

Sumber: Reuters

Video Populer

Foto Populer