6 Penyedia Assist Terbanyak untuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 31 Mar 2020, 11:20 WIB
Diperbarui 31 Mar 2020, 11:20 WIB
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Bola.com, Jakarta - Tak bisa dimungkiri, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo merupakan dua pemain terbaik di dunia saat ini. Sederet prestasi yang ditorehkan kedua pemain membuat fans terus membanding-bandingkan keduanya.

Jika ditotal, kedua pemain tersebut telah meraih 11 trofi Ballon d'Or. Perinciannya, Ronaldo meraih lima gelar, sedangkan Messi lebih unggul dengan raihan enam trofi Ballon d'Or.

Perdebatan tentang siapa yang lebih baik di antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi memang tidak ada habisnya. Kedua pemain selalu menunjukkan performa yang sangat mengesankan di lapangan.

Tak hanya bersama klub, melainkan juga saat membela negaranya masing-masing. Hampir semua gelar di level klub atau individu sudah pernah diraih Messi dan Ronaldo sepanjang kariernya.

Kemudian dalam urusan mencetak gol, Messi dan Ronaldo bisa dikatakan merupakan jagonya. Lionel Messi tercatat sudah mengemas 689 gol.

Sedangkan Cristiano Ronaldo sudah mencetak 725 gol sepanjang kariernya. Torehan gol kedua pemain tersebut tentunya ada andil dari rekan-rekan satu tim yang memberikan umpan berbuah gol.

Berikut ini Bola.com merangkum dari Give Me Sports, Selasa (31/3/2020), enam pemain yang gemar menyediakan assist untuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

2 dari 3 halaman

6 Pemberi Assist Terbanyak untuk Lionel Messi

Barcelona, Neyrmar Jr, Paris Saint-Germain, Trio MSN
Striker Barcelona, Neymar Jr, bersama Lionel Messi dan Luis Suarez merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Real Sociedad pada laga La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Sabtu, (28/5/2015). (AFP/Lluis Gene)

6. Pedro

Sepanjang menjadi rekan satu tim Lionel Messi, Pedro pernah memberikan 32 assist. Torehan apik tersebut mungkin yang menjadi satu di antara alasan Chelsea merekrutnya.

5. Xavi Hernandes

Setiap pemain yang memperkuat Barcelona tentunya harus berterima kasih kepada Xavi Hernandes. Pemain asal Spanyol itu sukses menjadi pelayan yang baik untuk rekan-rekannya, termasuk Lionel Messi.

Xavi total memberikan 35 umpan yang berujung gol untuk Lionel Messi.

4. Neymar

Neymar menjadi bagian trisula mematikan Barcelona bersama Lionel Messi dan Luis Suarez. Tak jarang Neymar turut andil dalam gol yang dicetak Messi dan Suarez.

Neymar total memberikan 36 assist untuk Lionel Messi selama berkiprah di Barcelona.

3. Dani Alves

Bermain sebagai bek kanan, Dani Alves juga turut membantu Lionel Messi dalam mencetak gol. Pemain asal Brasil itu total memberikan 43 assist untuk Messi selama kariernya di Barcelona.

2. Andreas Iniesta

Seperti halnya Xavi Hernandes, Andreas Iniesta juga menjadi pengumpan yang baik untuk Lionel Messi di Barcelona. Total 44 assist yang diberikan Iniesta kepada Lionel Messi.

1. Luis Suarez

Hingga kini Luis Suarez masih menjadi bagian lini depan Barcelona bersama Lionel Messi. Bersama Messi, Suarez tak piawai mencetak gol, tapi juga memberikan umpan yang berujung gol.

Total Suarez memberikan 54 assist untuk Lionel Messi di Barcelona.

3 dari 3 halaman

6 Pemberi Assist untuk Cristiano Ronaldo

Trio BBC
Gareth Bale, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo (AFP)

6. Ryan Giggs

Cristiano Ronaldo langsung tampil mengesankan bersama Manchester United. Namun, penampilan apiknya tersebut ada andil dari Ryan Giggs.

Pemain asal Wales itu memberikan 20 assist untuk Ronaldo selama di Manchester United.

5. Marcelo

Marcelo menjadi pelayan yang baik buat Cristiano Ronaldo saat keduanya di Real Madrid. Berposisi sebagai bek sayap, Marcelo mampu memberi assist sebanyak 25.

4. Angel Di Maria

Angel Di Maria menjadi satu di antara pemain yang ikut membantu dalam gol-gol yang dicetak Cristiano Ronaldo. Selama bermain bersama Ronaldo, Di Maria mampu memberikan 25 assist.

3. Mesut Ozil

Meski memiliki waktu singkat bersama Real Madrid, Mesut Ozil mampu memberikan banyak kontribusi, terutama untuk gol yang dicetak Cristiano Ronaldo. Sebagai buktinya, Ozil memberikan 31 umpan untuk Ronaldo yang berujung gol.

2. Gareth Bale

Pemain Real Madrid lain yang banyak memberikan assist untuk Cristiano Ronaldo ialah Gareth Bale. Total 32 assist yang dilancarkan Bale untuk Ronaldo.

1. Karim Benzema

Tak bisa dimungkiri, Karim Benzema tak hanya piawai dalam mencetak gol, tetapi juga dalam hal memberi umpan. Total 47 assist yang ia berikan untuk Cristiano Ronaldo saat di Real Madrid.

 

Sumber: Give Me Sports

Lanjutkan Membaca ↓
Mauricio Pochettino, Massimiliano Allegri dan Deretan Pelatih Terkenal Tanpa Klub