Sukses


5 Pesepak Bola Top Dunia yang Tetap Kuat Bermain hingga Usia 40 Tahun

Bola.com, Jakarta - Ada istilah yang menyebut 'usia hanya sebatas deretan angka'. Ungkapan tersebut kerap disematkan kepada orang yang tetap eksis, meski usianya sudah tak muda lagi, seperti yang juga dialami beberapa pesepak bola.

Beberapa pemain bola memutuskan tetap bermain, meski usianya sudah tidak muda lagi.

Saat ini, pemain profesional tertua di dunia tercatat atas nama Kazuyoshi Miura. Kazuyoshi Miura sudah berusia 52 tahun. Ia membela klub promosi J1 League, Yokohama FC.

Meski masih aktif bermain, menit bermainnya sudah sangat minim. Musim lalu, ketika Yokohama FC masih berkompetisi di J2 League, ia hanya tampil dalam tiga pertandingan tanpa mencetak satu gol pun.

Namun, ada pemain yang kini sudah menginjak usia 42 tahun dan kiprahnya di lapangan masih terbilang luar biasa. Dia adalah Gianluigi Buffon.

Kiper Juventus itu berulang tahun ke-42 pada 28 Januari 2020. Usia tersebut menjadikan Buffon sebagai pemain aktif paling tua di pentas Serie A.

Kendati usianya tak lagi muda, performa Gianluigi Buffon tak bisa dipandang sebelah mata. Gianluigi Buffon menjadi tembok kukuh di bawah mistar gawang La Vecchia Signora bergantian dengan kiper Polandia, Wojciech Szczesny.

Saat ini, mungkin tak banyak bintang sepak bola yang masih aktif bermain seperti Gianluigi Buffon. Beberapa nama seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan David Silva bisa dikatakan merupakan pemain yang baru menginjak usia senja.

Di sisi lain, tak banyak pemain yang tetap eksis bermain hingga usia 40 tahun atau lebih. Siapa saja pesepak bola yang mampu bermain hingga usia 40 tahun?

Berikut ini Bola.com merangkumnya dari Ronaldo.com, lima pesepak bola top dunia yang tetap kuat bermain hingga usia 40 tahun.

2 dari 6 halaman

1. Rivaldo

Rivaldo dianggap sebagai satu di antara pemain terhebat dalam sejarah sepak bola Brasil. Menjalani karier pemain selama 23 tahun, Rivaldo pernah membela klub-klub besar seperti Barcelona dan AC Milan.

Total, Ronaldo bermain untuk 15 klub berbeda sepanjang kariernya. Rivaldo dikenal karena kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar serta melewati lawan.

Rivaldo memutuskan pensiun pada 2015 saat berusia 43 tahun. Klub asal Brasil, Mogi Mirim, menjadi yang terakhir diperkuat Rivaldo.

Selama menjadi pemain profesional, Rivaldo mencatatkan 521 penampilan dengan mengukir 234 gol dan 82 assist di level klub.

3 dari 6 halaman

2. Claudio Pizzaro

Claudio Pizzaro banyak menghabiskan karier bermainnya bersama dua klub Bundesliga, Werder Bremen dan Bayern Munchen. Sepanjang bermain untuk dua klub tersebut, Pizzaro berhasil meraih enam gelar liga, lima trofi DFB Pokal, dan satu Piala Liga Champions.

Selain itu, Pizzaro juga masih masuk daftar pencetak gol terbanyak di Bundesliga, ada di posisi keenam dengan koleksi 197 gol dalam 487 pertandingan.

Di usianya yang sudah menginjak 41 tahun, Pizzaro masih tetap eksis bermain.

Bahkan, musim lalu, Pizzaro tercatat sebagai pencetak gol tertua di Bundesliga. Di sisi lain, Claudio Pizzaro berencana mengakhiri karier sebagai pemain profesional akhir musim ini.

4 dari 6 halaman

3. Francesco Totti

Francecsco Totti selalu memberikan yang terbaik untuk klubnya, AS Roma, meski sudah berusia 40 tahun. Selama manjalani karier sebagai pemain, Totti hanya memperkuat satu klub, yaitu AS Roma.

Totti sudah memutuskan gantung sepatu pada Juli 2017. Pemain kelahiran 27 September 1976 itu mengawali karier sebagai pemain Giallorossi pada 1993.

Hal itu berarti, ia membela AS Roma selama kurang lebih 25 tahun. Selama 25 tahun memperkuat klub ibu kota, Totti total mencatatkan 785 penampilan dengan mencetak 307 gol dan 139 assist.

Prestasi terbaiknya ialah saat membawa Timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006.

5 dari 6 halaman

4. Ryan Giggs

Seperti halnya Francesco Totti, Ryan Giggs juga hanya bermain untuk satu klub, yakni Manchester United. Giggs bergabung dengan Setan Merah pada 1992.

Pemain asal Wales itu mengakhiri karier sepak bolanya pda 2014 saat berusia 40 tahun. Total 34 trofi yang dipersembahakn Giggs untuk Manchester United.

Ryan Giggs dikenal sebagai pemain yang bisa bermain lebih dari satu posisi. Ia bisa dipasang sebagai sayap hingga gelandang.

6 dari 6 halaman

5. Paolo Maldini

Sepanjang berkarier sebagai pemain, Maldini hanya memperkuat satu klub yakni AC Milan. Paolo Maldini kali pertama bergabung dengan tim senior AC Milan pada 1 Juli 1985.

Total lebih dari 900 pertandingan yang ia mainkan bersama Rossoneri sebelum memutuskan gantung sepatu pada 2009 saat berusia 41 tahun.

Selama bermain bersama AC Milan Paolo Maldini total mempersembahkan sekitar 26 trofi, termasuk 7 gelar Serie A dan lima trofi Liga Champions.

Sumber: Ronaldo.com

Video Populer

Foto Populer