Sukses


Peringkat 5 Gol Terbaik yang Pernah Memenangi FIFA Puskas Award

Bola.com, Jakarta - FIFA Pungkas Award adalah penghargaan tahunan yang diberikan untuk gol terbaik selama satu kalender penuh. Penghargaan ini diberikan FIFA sejak 2009.

Pada 2019, FIFA Puskas Award dimenangi pemain muda Hungaria, Daniel Zsori. Ia diganjar penghargaan tersebut setelah membuat gol indah ke gawang Ferencvaros di Liga Hungaria pada Februari 2019.

Pemain yang saat itu masih memperkuat Debrecen itu, melesakkan gol melalui tendangan salto dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan silang dari sisi kiri. Gol Zcoru itu dicetak pada injury time babak kedua dan memastikan kemenangan Debrecen 2-1.

Nama Puskas untuk penghargaan bergengsi ini diambil dari legenda sepak bola, Ferenc Puskas. Ia merupakan legenda Timnas Hungaria, Budapest Honved, dan Real Madrid.

Selama bermain sepak bola, Puskas mencetak 512 gol dalam 528 laga bersama klub. Sementara di level Timnas, ia melesakkan 84 gol dari 85 caps.

Seperti dilansir dari Planet Football, Kamis (2/4/2020), Bola.com me-ranking gol-gol yang berhasil memenangi FIFA Pungkas Award. Berikut gol yang menduduki lima besar.

2 dari 6 halaman

1. Olivier Giroud (2017)

Olivier Giroud menciptakan gol indah yang membuat dirinya memenangi Puskas Award pada 2017. Giroud menciptakan gol itu saat membela Arsenal pada laga kontra Crystal Palace di Premier League.

Dia berhasil mengonversi hasil umpan Alexis Sanchez menjadi gol dengan tendangan unik, yang dijuluki scorpion kick. 

Gol Giroud itu berhasil mengalahkan kandidat lain seperti Oscarine Masuluke dan Deyna Castellanos.

Manajer Arsenal kala itu, Arsene Wenger, melayangkan pujian terhadap Giroud. Dia menyebut itu merupakan gol terindah selama dirinya menyaksikan gol-gol lain di Emirates Stadium.

3 dari 6 halaman

2. Zlatan Ibrahimovic (2013)

Ibrahimovic memenangi FIFA Puskas Award pada 2013. Ia mencetak gol fantastis saat Timnas Swedia berhadapan dengan Inggris dalam laga uji coba.

Saat itu, Ibrahimovic melepaskan tendangan salto dari luar kotak penalti. Tembakannya melawati Joe Hart yang telah maju dari gawang. Pertandingan tersebut dimenangi Swedia dengan skor 4-2.

4 dari 6 halaman

3. Neymar (2011)

Neymar memenangi FIFA Puskas Award 2011 saat membela Santos. Ia mencetak gol indah saat Santos berhadapan dengan Flamengo di Serie A Brasil.

Neymar dengan cerdik melewati tujuh pemain Flamengo dan mengakiri dengan penyelesaian yang ciamik.

5 dari 6 halaman

4. James Rodriguez (2014)

James Rodriguez memenangi FIFA Puskas Award 2014. Ia meraih penghargaan itu setelah mencetak gol spektakuler saat Timnas Kolombia melawan Uruguay di Piala Dunia 2014.

Ia dengan sempurna menerima umpan kepala dengan dada. Sembari memutar, James melepaskan tembakan voli yang menghujam gawang Uruguay.

6 dari 6 halaman

5. Miroslav Stoch (2012)

Miroslav Stoch memenangi FIFA Puskas Award 2012 saat membela Fenerbahce. Ia dengan tenang melepaskan tembakan kencang dari luar kotak penalti setelah menerima umpan dari sepak pojok.

Gol tersebut dicetaknya saat melawan Genclebirligi pada Liga Super Turki 2011-2012.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer