Liga Belgia Akan Dihentikan, Club Brugge Dianggap Juara

Oleh Gregah Nurikhsani pada 02 Apr 2020, 23:15 WIB
Diperbarui 02 Apr 2020, 23:15 WIB
Real Madrid Ditahan Imbang Club Brugge di Santiago Bernabeu

Bola.com, Brussels - Club Brugge bakal diangkat sebagai juara Liga Belgia setelah operator liga berencana untuk menghentikan kompetisi lebih awal karena pandemi virus corona COVID-19.

Rekomendasi ini dibuat pada Kamis (2/4/2020) waktu setempat. Meski belum diumumkan, diyakini formalitas akan dilakukan pada 15 April 2020 mendatang.

Club Brugge saat ini memuncaki klasemen sementara dengan keunggulan 15 poin. Liga Belgia juga menyisakan satu laga lagi pada regular season sebelum memasuki fase playoff.

Liga Belgia memang menerapkan sistem kompetisi demikian. Peringkat 1-6 akan masuk ke fase playoff sebelum menentukan gelar juara. Sang juara kemudian berhak tampil di kompetisi antarklub Eropa.

Karena Club Brugge berada di puncak klasemen, meski menyisakan satu laga regular season lagi, Pro League, melalui rilis resminya, mengatakan bahwa kelanjutan liga besar kemungkinan tak mungkin ada.

"Melanjutkan liga terlalu berisiko buat pemain, pekerja, dan semua orang yang terlibat. Potensi penularan virus corona karena kontak fisik akan membahayakan," tulis Pro League.

"Meski pun laga digelar tertutup, dan secara teori bisa dilangsungkan, ini terlalu berisiko," sambungnya.

 

2 dari 3 halaman

Terdegradasi

Club Brugge Vs Manchester United
Pemain Club Brugge, Maxim De Cuyper (kiri) berebut bola dengan gelandang Manchester United, Juan Mata dalam leg pertama babak 32 besar Liga Europa di Jan Breydelstadion, Kamis (20/2/2020). Manchester United gagal meraih hasil maksimal usai ditahan imbang Club Brugge 1-1. (JOHN THYS / AFP)

Selain Club Brugge, ada tiga tim yang akan mendapat jatah kualifikasi kompetisi Eropa. Mereka yakni AA Gent, Charleroi, dan Royal Antwerp.

Pro League tampaknya juga akan mendegradasi Waasland-Beveren karena menduduki tangga terbawah Liga Belgia.

Sumber: Sky Sports

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓