Kompetisi Vakum, 5 Organisasi Ini Bagikan Rekaman Duel Klasik Sepak Bola

Oleh Harley.Ikhsan pada 04 Apr 2020, 13:45 WIB
Diperbarui 04 Apr 2020, 13:45 WIB
Pemain Chelsea yang Pernah Rasakan Kesuksesan di Serie A
Pecinta sepak bola bisa menyaksikan kembali aksi Andriy Shevchenko melalui channel YouTube beberapa organisasi ini selama pandemi virus Corona. (AFP/Carlo Baroncini)

Jakarta - Sepak bola tengah berhenti karena pandemi virus corona. Absennya pertarungan di lapangan hijau membuat banyak orang merindukannya.

Tidak heran karena sepak bola adalah cabang olahraga terpopuler di dunia. Namun, penyebaran virus Corona yang menyebabkan Covid-19 memaksa operator membekukan kompetisi demi keselamatan banyak orang.

Terhitung persaingan Liga Europa, 12 Maret lalu, menjadi hiburan terakhir para penggemar sebelum sepak bola vakum.

Mengatasi kekosongan, sejumlah organisasi berusaha mengembalikan keceriaan suporter dengan menayangkan laga melalui akun resmi YouTube.

Bukan sekadar cuplikan, rekaman pertandingan tersebut tidak hanya untuk melepas rindu, melainkan juga memberikan informasi tentang evolusi sepak bola. Sebab, ada yang menyiarkan pertandingan 34 tahun lalu.

Simak organisasi yang menyiarkan pertandingan sepak bola selama kompetisi terhenti akibat pandemi virus corona:

2 dari 7 halaman

FIFA

Dendam Tuntas
Kapten Timnas Belanda, Robin van Persie (kiri) merayakan golnya ke gawang Spanyol bersama Louis van Gaal saat berlaga di penyisihan Grup B Piala Dunia 2014 di Fonte Nova Arena, Salvador, Brasil, (14/6/2014). (AFP PHOTO/Dimitar Dilkoff)

Untuk menghibur penonton yang berdiam di rumah, FIFA menayangkan pertandingan berkelas dalam sepekan terakhir. Hingga kini laga yang disiarkan tidak tanggung-tanggung. Ada duel Spanyol vs Belanda (Piala Dunia 2014) dan Belanda vs Brasil (Piala Dunia 2010) yang masih melekat di ingatan.

Jika mau nostalgia, penggemar bisa menyaksikan aksi pemain legendaris seperti Michel Platini dan Socrates saat Prancis menghadapi Brasil (Piala Dunia 1986). Juga disuguhkan final Piala Dunia Putri 1999 yang menunjukkan hegemoni Amerika Serikat.

Selain pertandingan berkelas, FIFA juga menayangkan film resmi Piala Dunia 2014 dan 2018, serta Piala Dunia Putri 2019.

Daftar partai tersebut bakal bertambah. Sebab, FIFA berencana terus menayangkan laga selama kompetisi berhenti.

3 dari 7 halaman

Barcelona

Logo dan ilustrasi Barcelona
Logo dan ilustrasi Barcelona. (AFP/Pau Barrena)

Raksasa Spanyol ini menghadirkan laga-laga berkesan dalam beberapa tahun terakhir. Tidak hanya di ajang resmi, Barcelona juga menyiarkan partai uji coba.

Termasuk di antaranya dua kemenangan atas musuh bebuyutan Real Madrid di El Clasico pada 2015 dan 2019.

Di channel YouTube, Barcelona juga ditayangkan pertandingan persahabatan unik melawan Timnas Brasil. Laga ini berlangsung pada 1999.

4 dari 7 halaman

Real Madrid

Logo dan ilustrasi Real Madrid
Logo dan ilustrasi Real Madrid. (AFP/Christof Stache)

Tidak mau kalah dari rival, Real Madrid juga menayangkan pertandingan berkesan di channel YouTube. Beberapa laga itu di antaranya melawan Barcelona, Valencia, Atletico Madrid, dan Malaga.

Real Madrid juga menyiarkan cuplikan momen berkesan. Salah satunya duel melawan Atletico Madrid pada musim 1994/1995. Itulah pertandingan ketika Raul Gonzalez mencetak gol pertama bagi Los Blancos.

5 dari 7 halaman

Inter Milan

Logo dan ilustrasi Inter Milan
Logo dan ilustrasi Inter Milan. (AFP/Giuseppe Cacace)

Inter Milan berusaha mengingatkan kembali penggemar dengan menayangkan kemenangan berkesan atas rival.

Salah satunya kesuksesan menghancurkan rival sekota AC Milan 4-0 di Serie A 2009/2020. Ada pula laga klasik versus Sampdoria (2004/2005) dan AS Roma (2005/2006).

6 dari 7 halaman

Serie A

Serie A
Ilustrasi Logo Serie A. (AFP/Marco Bertorello)

Sebagai negara Eropa dengan korban virus Corona tertinggi, petinggi Serie A coba menghibur masyarakat Italia lewat pertandingan berkelas.

Pecinta AC Milan dan Lazio bisa mengenang kembali duel klasik 1999 ketika Andriy Shevchenko, George Weah, Juan Veron, dan Alessandro Nesta masih beraksi.

Ada pula aksi Paul Pogba saat masih membela Juventus pada 2013 saat menghadapi Fiorentina. Sementara penggemar Inter Milan bisa melihat penampilan trio maut Luis Figo, Zlatan Ibrahimovic, dan Mario Balotelli kala bersua Atalanta tahun 2009.

 

Sumber: Youtube, FIFA, Twitter

Disadur dari: Liputan6.com (Harley Ikhsan/Windi Wicaksono, published 4/4/2020)

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Jadwal Lengkap Siaran Langsung Babak 16 Besar Liga Champions di SCTV dan Vidio