Sukses


MOTION GRAFIS: Dari Maradona, Zidane Hingga Neymar Jr, Inilah Deretan Pemain Termahal Dunia Waktu ke Waktu

Bola.com, Jakarta - Dari era Diego Maradona hingga Neymar Jr, pemain dengan skill tinggi selalu mendapat predikat sebagai pemain termahal di dunia. Pada tahun 1990, Maradona mendapat predikat sebagai pemain termahal dengan nilai 13 Juta Euro. Lalu pada awal 200an, Zidane mengejutkan dunia dengan transfer mahalnya dari Juventus ke Real Madrid senilai 77,5 Juta Euro.

Selain nama-nama diatas,ada beberapa pemain yang juga sempat mengisi daftar pemain termahal dunia. Antoine Griezmann, striker yang saat ini membela Barcelona, sudah terlibat di bursa transfer hingga dua kali. Total harganya sebesar 174 juta euro. Pada 28 Juli 2014, Atletico Madrid membeli Griezmann dari klub profesional pertamanya, Real Sociedad dengan harga 54 juta euro.

Harganya pun berlipat ganda ketika Griezmann dibeli Barcelona pda 14 Juli 2019. Los Blaugrana harus merogoh kocek hingga 120 juta euro untuk membeli Griezmann dari Atletico Madrid. Lalu ada winger PSG, Angel Di Maria. Harga totalnya di bursa transfer sama seperti Alvaro Morata, yakni 179 juta euro. Nilai tertinggi winger asal Argentina tersebut terjadi kala dibeli Manchester United dari Real Madrid seharga 75 juta euro. Hal tersebut terjadi pada 26 Agustus 2014.

Tentu juga ada nama Cristiano Ronaldo. Pemain berusia 34 tahun tersebut memiliki total harga transfer sebanyak 230 juta euro. Dia sudah terlibat dalam tiga bursa transfer pemain. Pemain asal Portugal itu kali pertama terlibat di bursa transfer pada 12 Agustus 2003. MU mengeluarkan 19 juta euro untuk membeli Ronaldo dari Sporting CP, klub asal Portugal.

Ronaldo juga sempat menjadi pemain termahal di dunia pada 1 Juli 2009. Ketika itu, Real Madrid membelinya dengan harga 94 juta euro dari MU. Pada 10 Juli 2018, Ronaldo terlibat lagi di lantai transfer pemain. Kali ini, Juventus harus mengeluarkan mahar sebanyak 117 juta euro untuk membeli sang pemain dari Real Madrid.

Yang termahal saat ini adalah Neymar Jr. Neymar di bursa transfer sudah menghabiskan biaya sekitar 310,2 juta euro. Biaya itu dikeluarkan oleh Barcelona dan Paris Saint-Germain (PSG) untuk mendapatkan pemain yang memulai kariernya bersama Santos. Pemain berusia 27 tahun tersebut dibeli Barcelona dari Santos pada 1 Juli 2013. Kala itu, Los Blaugrana, sebutan Barcelona mengeluarkan mahar sebesar 88,2 juta euro. Kemudian, Neymar dihargai PSG sebesar 222 juta euro saat dibeli Barcelona pada 3 Agustus 2017. Angka transfer Neymar secara keseluruhan bisa saja bertambah.

Berikut ini daftar lengkap bagaimana perubahan pemain termahal dunia dari era Maradona pada tahun 1990 hingga era Neymar Jr di PSG. Berikut daftar lengkapnya.

 

Video Populer

Foto Populer