Sukses


5 Klub Top yang Nyaris Menjadi Pelabuhan Cristiano Ronaldo: Mengejutkan, Ada Barcelona dan Liverpool

Jakarta Cristiano Ronaldo telah menulis ulang buku-buku sejarah sepanjang kariernya. Ia memecahkan rekor di Sporting CP, Manchester United, Real Madrid, dan Juventus.

Angka-angka berbicara sendiri, dengan lebih dari 700 gol dan 29 keping penghargaan utama yang diraih Cristiano Ronaldo. Pemain berusia 35 tahun ini bahkan mengejar Ballon d'Or keenam.

Tidak masalah di mana dia berada atau siapa lawannya, Cristiano Ronaldo selalu membuat perbedaan. Tetapi, apakah itu akan menjadi cerita yang sama seandainya dia tidak bergabung dengan Manchester United pada 2003?

Atau akankah lebih baik? Bagaimana jika pemain berjuluk CR7 itu menutup mata terhadap Real Madrid dan Juventus? Kemungkinannya tidak terbatas.

Berikut 5 klub besar yang nyaris mendapatkan Cristiano Ronaldo di masa lalu seperti dirangkum dari Ronaldo.com.

 

 

Video

2 dari 6 halaman

AC Milan

Setelah masa kejayaannya di Real Madrid, Cristiano Ronaldo membayangkan tantangan baru di tempat lain pada 2018. Tidak mengherankan, ia kebanjiran tawaran untuk bergabung dengan klub baru.

Salah satunya AC Milan. Li Yonghong, presiden AC Milan ketika itu, memimpin langsung misi tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan Sportitalia pada tahun lalu, Marco Fassone mengungkapkan Ronaldo tertarik dengan kemungkinan bergabung dengan Milan. "Presiden menginginkan Cristiano Ronaldo, tetapi angka-angka itu memberi tahu kami bahwa ini tidak disarankan," kata mantan direktur pelaksana Milan itu.

"Ronaldo terbuka untuk mengevaluasi peluang, karena Milan adalah klub terkenal dan ada antusiasme di sekitar kita."

"Namun, kami tak pernah melampaui beberapa perhitungan internal dan melihat apakah dia berpotensi terbuka untuk itu," pungkas Fassone.

Li Yonghong akhirnya kehilangan kepemilikannya di AC Milan setelah gagal membayar kembali pinjamannya hingga 303 juta euro.

 

 

3 dari 6 halaman

Arsenal

Cristiano Ronaldo nyaris menjadi anak asuh Arsene Wenger. Seandainya ia bergabung dengan Arsenal pada 2003, itu bisa mengubah segalanya untuk pemain dan klub.

Pemenang lima kali Ballon d'Or itu telah mengonfirmasi bahwa sering bertemu Wenger di Sporting CP. Perpindahan ke Highbury sudah dekat sampai pertandingan persahabatan melawan Manchester United terjadi.

Setelah menyaksikan pemain berusia 18 tahun itu beraksi, Manajer MU Sir Alex Ferguson melakukan sihirnya. Ia menjadikannya remaja paling mahal dalam sejarah sepak bola Inggris.

"Itu benar," Ronaldo menegaskan kepada Piers Morgan dalam sebuah wawancara untuk ITV tahun lalu. "Tentu saja itu benar."

Seberapa dekat dia akan menjadi pemain Arsenal, bintang Portugal menambahkan: "Sangat dekat. Satu langkah Serius."

"Itu tidak terjadi, tapi Arsenal, saya menghargai apa yang mereka lakukan untuk saya, terutama Arsene Wenger. Di sepak bola Anda tidak pernah tahu di mana Anda akan bermain, hidup seperti itu," ucap Ronaldo.

 

 

4 dari 6 halaman

PSG

Saat Cristiano Ronaldo meninggalkan Real Madrid pada 2018, banyak yang melihat Paris Saint-Germain (PSG) sebagai klub yang ideal. Mereka tak hanya menawarkan platform kompetitif, tetapi juga mampu membayar gajinya.

Melihat Ronaldo dengan Neymar dan Kylian Mbappe di Liga Champions akan menjadi pemandangan untuk dinikmati juga. Namun, hal itu tidak terwujud.

Tidak ada keterangan resmi mengapa Ronaldo gagal bergabung dengan PSG. Tapi, rumor mengatakan bahwa PSG diduga mengatakan kepada Ronaldo untuk menunggu tawaran mereka.

Raksasa Prancis itu waspada terhadap Real Madrid yang mencoba menjebak Neymar atau Mbappe dalam proses perekrutan Ronaldo. Jadi bintang asal Portugal itu mengalihkan perhatiannya ke tempat lain, akhirnya berakhir di Juventus.

 

 

5 dari 6 halaman

Liverpool

Yang ini terungkap beberapa tahun yang lalu, ketika Gerard Houllier mengumumkan struktur gaji ketat Liverpool pada 2003.

The Reds ingin mendatangkan Cristiano Ronaldo setelah menyaksikan perkembangannya di Sporting CP. Semua tampak beres sampai mereka menemukan tuntutan gaji anak berusia 18 tahun itu.

Ia kemudian menandatangani kontrak dengan Manchester United tidak lama setelah itu. "Saya melihatnya di turnamen Toulon U-21 dan kami memilihnya," kata Houllier kepada Liverpool Echo.

"Tapi, kami memiliki skala gaji dan kami tidak membayar jenis gaji yang dia inginkan."

"Kemudian Manchester United memainkan pertandingan persahabatan melawan Sporting Lisbon dan semua anak mereka berkata kepada Sir Alex Ferguson: 'Anda harus mengontraknya', tambah Houllier.

"Tapi, saya setuju dengan tidak melanggar struktur gaji. Saya pikir itu akan menyebabkan masalah di ruang ganti kami."

Seandainya itu terjadi, Ronaldo bisa saja bermain dengan Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino hari ini.

 

 

6 dari 6 halaman

Barcelona

Pertanyaan terbesar yang belum terjawab dalam sepak bola mungkin adalah bagaimana Cristiano Ronaldo akan bernasib sebagai rekan setim Lionel Messi.

Pasangan ini telah dikunci dalam pertempuran dekat untuk status GOAT untuk sebagian besar karier mereka. Tapi, persaingan terkenal mereka mungkin tidak pernah ada seandainya Ronaldo bergabung dengan Barcelona.

Ronaldo mengumumkan Blaugrana adalah salah satu klub yang tertarik padanya sebelum bergabung dengan Manchester United. Mantan presiden Barcelona Joan Laporta membenarkan hal itu pada 2016 dan menjelaskan mengapa hal itu tidak terjadi.

"Kami telah mengontrak Ronaldinho, [Rafael] Marquez dan [Ricardo] Quaresma," kata Laporta via Marca.

"[Ronaldo] berada di Sporting pada saat itu, sebelum Manchester United, dan kami berbicara dengan agennya yang ingin menjual Deco kepada kami."

"Kami mengatakan bahwa kami tidak bisa karena kami tidak dapat [menghabiskan banyak uang pada saat itu]. Jadi dia telah memberi tahu kami bahwa dia punya anak yang benar-benar bagus."

"Itu Ronaldo. Dia memiliki kesepakatan dengan United seharga 19 juta euro, tetapi kami ditawari 17 juta euro," papar Laporta.

 

Sumber asli: Ronaldo.com

Disadur dari: Liputan6.com (Bogi Triyadi/Edu Krisnadefa, Published 4/4/2020)

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.
    Juventus adalah klub sepakbola asal Italia

    Juventus

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Serie A Italia dengan raihan 18 trofi
    Associazione Calcio Milan adalah klub sepak bola Italia yang berbasis di Milan, Lombardia. AC Milan bermain di Serie A.
    AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Serie A Italia dengan raihan 18 trofi

    AC Milan

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Paris Saint-Germain adalah sebuah klub sepak bola asal Jerman
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Paris Saint-Germain adalah sebuah klub sepak bola asal Jerman

    Paris Saint-Germain

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Trivia Dunia

  • Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer