Sukses


10 Kiper Terbaik di Dunia, David de Gea Masih Masuk Hitungan

Bola.com, Jakarta - Peran kiper dalam dunia sepak bola telah berubah secara drastis dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun-tahun awal sepak bola, kiper hanya dibutuhkan untuk menyelamatkan tembakan ke gawang atau defensif.

Kini, peran kiper juga digunakan dalam sebuah serangan. Dalam strategi sepak bola modern, kiper bisa membantu serangan ketika tendangan bebas atau sepak pojok.

Kiper juga berperan besar dalam membangun serangan balik dengan cepat.

Melansir Give Me Sport, Senin (20/4/2020), FourFourTwo membuat daftar 10 kiper terbaik di dunia. Menariknya, dalam 10 pemain tersebut ada nama David de Gea.

Kiper Manchester United itu memiliki karier cemerlang dalam tiga musim awal debut. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, performa kiper berpaspor Spanyol itu mengalami penurunan dan kerap melakukan blunder.

Penasaran dengan siapa saja kiper yang masuk daftar ini? Berikut Bola.com merangkumnya untuk Anda.

2 dari 3 halaman

1-5

1. Jan Oblak

Jan Oblak menempati urutan pertama untuk kiper terbaik di dunia saat ini. Penampilan di leg kedua Liga Champions melawan Liverpool bisa menjadi bukti.

Ia sangat tangguh menjaga gawang Atletico Madrid yang dibombardir lini serang Liverpool. Los Rojiblancos pun lolos ke fase selanjutnya setelah menang agregat 4-2.

2. Alisson Becker

Alisson Becker merupakan pemenang perdana Yachine Trophy. Kiper berpaspor Brasil ini turut membantu Liverpool memenangkan Liga Champions musim lalu dan tampil tanpa kesalahan di musim 2019-2020.

3. Marc-Andre ter Stegen

Marc-Andre ter Stegen sedang dalam proses mencabut Manuel Neuer dari posisi kiper nomor satu Jerman. Ter Stegen merupakan kiper utama Barcelona dan telah menyumbangkan banyak gelar.

4. Thibaut Courtois

Thibaut Courtois mulai menemukan performa terbaik bersama Real Madrid. Musim ini, gawang yang dijaganya baru jebol 16 kali dalam 24 pertandingan.

5. Keylor Navas

Real Madrid tampaknya rugi besar menjual Keylor Navas ke PSG pada musim panas 2020. Kiper berusia 33 tahun ini mampu membuat clean sheet panjang di Ligue 1 dan Liga Champions musim ini.

3 dari 3 halaman

6-10

6. Peter Gulacsi

Peter Gulacsi merupakan kiper RB Leipzig hasil binaan RB Slazburg. Pemain berpaspor Hungaria ini memiliki performa yang brilian ketika mengawal jala Leipzig dalam lima tahun terakhir.

7. Samir Handanovic

Samir Handanovic merupakan pahlawan Inter Milan dalam delapan tahun terakhir. Kiper Slovenia ini menjadi penjaga gawang tersibuk dari daftar ini.

8. Manuel Neuer

Manuel Neuer merupakan penjaga gawang tak tergantikan di Bayern Munchen dan Timnas Jerman. Meski telah berusia 34 tahun, Neuer belum menunjukkan tanda-tanda kebintangannya memudar.

9. Ederson Moraes

Ederson Moraes termasuk rekrutan termahal Manchester City. Kiper berpaspor Brasil itu tampil bagus dan turut menyumbangkan dua gelar Premier League secara berturut-turut.

10. David de Gea

David de Gea masih menunjukkan skill tangan emas, meski juga kerap melakukan blunder konyol. Posisi De Gea di Manchester United juga belum tergoyahkan.

Sumber: Give Me Sport

Video Populer

Foto Populer