Sukses


5 Transfer Mahal Terbaik Klub Eropa, Tak Ada Nama Neymar

Bola.com, Jakarta - Transfer Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain menjadi paling mahal sepanjang masa. Raksasa Ligue 1 itu rela merogoh kocek hingga 220 juta euro (Rp3,6 triliun).

Namun, menurut beberapa pengamat, transfer tersebut tak masuk satu di antara transfer terbaik yang pernah ada. Meski mendominasi di Prancis, PSG gagal unjuk gigi ketika tampil di kancah Eropa.

Langkah PSG kerap kali terhenti di babak 16 besar. Baru di musim 2019-2020, skuad asuhan Thomas Tuchel itu lolos ke babak delapan besar.

Kehadiran Neymar ke PSG memang menambah daftar pemain bintang. Namun, mereka lupa tak ada jiwa pemimpin di dalam tubuh Neymar.

Sang pemain malah kerap berbuat kontroversi, baik di dalam dan luar lapangan yang cukup merugikan klub.

Lantas, seperti apa transfer termahal terbaik yang dilakukan klub-klub Eropa?

Berikut Bola.com merangkum lima transfer mahal yang pernah dilakukan klub Eropa dan terbukti bagus, dilansir dari Sportbible, Senin (20/4/2020).

2 dari 6 halaman

1. Cristiano Ronaldo

Nominal besar yang dikucurkan Real Madrid untuk memboyong Cristiano Ronaldo dari Manchester United tak sia-sia. Sang pemain menjelma menjadi pencetak gol terbanyak Real Madrid sepanjang masa dan memenangkan empat gelar Liga Champions.

Bahkan sang pemain dijual ke Juventus musim panas 2019, Real Madrid masih mendapat keuntungan. Padahal, usia Ronaldo saat itu sudah lebih dari 32 tahun.

3 dari 6 halaman

2. Virgil van Dijk

Virgil van Dijk menyandang predikat bek termahal di dunia setelah Liverpool menggelontorkan uang senilai 84,5 juta euro pada Januari 2018. Ia berada dalam kesuksesan the Reds meraih trofi Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

4 dari 6 halaman

3. Luis Suarez

Transfer Luis Suarez ke Barcelona kerap kali diremehkan. Padaha, tim Catalan sampai merogoh kocek sebesar 82,3 juta euro.

Suarez membawa dampak besar di lini depan Barcelona. Ia selalu mencetak gol dan tak sungkan memberikan umpan ke Lionel Messi.

5 dari 6 halaman

4. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe adalah remaja paling mahal sepanjang masa. Pemain berpaspor Prancis ini ditebus dengan mahar 135 juta euro oleh PSG di usia 19 tahun.

Bahkan, peran Mbappe di PSG jauh lebih besar daripada Neymar. Jika sang pemain meninggalkan Paris, PSG jelas akan mendapatkan banyak keuntungan dari segi penjualan.

6 dari 6 halaman

5. Gareth Bale

Gareth Bale sempat menjadi pemain termahal di dunia sebelum dipecahkan Neymar. Debut Bale bersama Real Madrid sukses mempersembahkan Trofi Copa Del Rey dan Liga Champions.

Pemain asal Wales ini juga menjadi pahlawan di Final Liga Champions 2019. Turun sebagai pemain pengganti, ia sukses mencetak dua gol kemenangan. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 3-1.

Sumber: Sportbible

Video Populer

Foto Populer