Sukses


8 Juru Taktik yang Memenangi Banyak Gelar Juara Bersama Timnya

Bola.com, Jakarta - Menjadi sukses sebagai seorang pelatih bukan hal gampang. Para juru taktik tersebut biasanya dituntut memberikan perubahan cepat dalam skuadnya.

Alhasil, tak jarang pelatih menjadi korban pemecatan karena gagal mewujudkan ekspektasi klub. Namun, ada pula pelatih yang bisa langsung membayar kepercayaan petinggi klub dengan prestasi berupa gelar.

Meraih banyak trofi tak hanya menjadi tujuan utama para pemain bola saja, melainkan juga pelatih. Sebuah kebanggaan bagi para pelatih jika bisa mempersembahkan gelar bagi klub yang dilatihnya.

Namun, hal tersebut bukan urusan yang mudah. Meski, sang pelatih tersebut sukses saat menjalani karier sebagai pemain dan berharap hal serupa saat berprofesi sebagai

Pada kenyataannya ada seseorang yang sukses sebagai pemain, tetapi gagal saat menjadi nakhoda tim. Ada juga yang sebaliknya, tak terlalu moncer saat menjadi pemain, namun justru berhasil kala menjadi juru taktik.

Kesuksesan seorang pelatih ditentukan dari performa apik skuad asuhannya hingga meraih banyak trofi. Di sisi lain, tak banyak pelatih yang bisa merengkuh banyak gelar juara.

Kira-kira siapa saja pelatih dengan trofi terbanyak? Berikut ini Bola.com merangkum, delapan juru taktik dengan trofi terbanyak, Selasa (20/4/2020).

2 dari 9 halaman

8. Jose Mourinho

Sejauh ini Jose Mourinho telah melatih delapan klub berbeda, yakni Benfica, Leiria, FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, Manchester United, dan Tottenham Hotspur.

Prestasi terbaiknya ialah saat menukangi Inter Milan. Kala, itu the Special One berhasil mempersembahkan treble untuk La Beneamata.

Adapun total trofi yang pernah dimenangi Mourinho sebanyak 25.

3 dari 9 halaman

7. Ottmar Hitzfeld

Ottmar Hitzfeld dikenal karena kesuksesannya melatih klub asal Jerman, Bayern Munchen. Bersama Die Rotten, Hitzfeld berhasil mempersembahkan lima gelar Bundesliga dan satu trofi Liga Champions.

Selain bersama Bayern Munchen, Hitzfeld juga dibilang sukses saat menukangi Borussia Dortmund.

Selama kariernya sebagai pelatih, Ottmar Hitzfeld pernah merasakan gelar juara sebanyak 25 kali.

4 dari 9 halaman

6. Luiz Felipe Scolari

Luiz Felipe Scolari sudah menjadi pelatih sejak 1982 dan sudah lebih 20 tim yang ia tangani. Tak hanya level klub, Scolari juga pernah melatih timnas, seperti Portugal dan Brasil.

Bersama Brasil, Scolari pernah mempersembahkan trofi Piala Dunia pada 2002. Kini, Scolari tercatat sudah memenangi 26 piala sepanjang kariernya sebagai pelatih.

5 dari 9 halaman

5. Jock Stein

Mungkin nama Jock Stein tak terlalu familiar di telinga para pencinta sepak bola. Ia diketahui pernah menjadi juru taktik klub asal Skotlandia, Glasgow Celtic.

Stein pernah membawa Celtic merengkuh sembilan trofi liga domestik secara beruntun. Jika ditotal, Jock Stein sudah meraih 26 gelar saat menjabat sebagai pelatih.

6 dari 9 halaman

4. Pep Guardiola

Pep Guardiola sudah sukses sejak menjadi pelatih Barcelona pada 2008. Setelah itu, Guardiola menikmati kesuksesannya bersama klub dari tiga negara berbeda.

Berbicara prestasi, Pep Guardiola sudah meraih 29 gelar juara sejauh ini bersama tiga klub berbeda, yakni Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City.

7 dari 9 halaman

3. Valeriy Lobanovskyi

Valeriy Lobanovskyi banyak menghabiskan kariernya sebagai pelatih untuk klub Ukraina, Dynamo Kiev. Selain melatih klub, Valeriy Lobanovskyi juga pernah menukangi dua tim nasional, yaitu Uni Emirat Arab dan Ukraina.

Seperti halnya Pep Guardiola, Valeriy Lobanovskyi pernah merengkuh 29 gelar juara.

8 dari 9 halaman

2. Mircea Lucescu

Mircea Lucescu sudah berkecimpung sebagai pelatih sejak 1979. Lucescu begitu menikmati kesuksesannya saat menjadi pelatih klub Ukraina, Shakhtar Donetsk.

Bersama Shakhtar, Lucescu sukses mempersembahkan 22 trofi baik domestik maupun Eropa. Jika ditotal, Mircea Lucescu sudah meraih 32 gelar sepanjang kariernya sebagai pelatih sejauh ini.

9 dari 9 halaman

1. Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson bisa dikatakan sebagai pelatih terbaik sepanjang masa. Kesuksesan Manchester United di Era Ferguson, yakni sejak 1986 hingga 2013 mungkin akan sulit terulang di masa-masa yang akan datang.

Bersama Setan Merah, Ferguson berhasil memenangi 13 gelar Premier League, lima Piala FA, dan dua trofi Liga Champions. Tak hanya itu, Ferguson juga mampu membawa Manchester United meraih 895 kemenangan dari 1.500 pertandingan.

Sementara, selama menjadi pelatih Sir Alex Ferguson mampu meraih 48 trofi. Raihan yang mungkin akan sulit dikejar.

 

Sumber: Ronaldo.com

Video Populer

Foto Populer