Sukses


Eredivisie Belanda Ditunda Sampai Bulan September

Bola.com, Amsterdam - Virus corona masih menjadi masalah besar di Belanda. Bahkan, Eredivisie Belanda serta kompetisi-kompetisi dari cabang olahraga lainnya sampai harus ditunda hingga bulan September mendatang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Worldometer, Belanda sudah mencatatkan 30 ribu kasus positif virus corona. Nyaris empat ribu di antaranya meninggal dunia, sementara angka kesembuhannya belum diketahui sampai berita ini rilis.

Angka tersebut membuat Belanda menempati peringkat ke-14 dalam daftar kasus virus corona terbanyak di dunia. Namun kalau soal jumlah banyaknya korban, Belanda ada di 10 besar.

Beberapa tindakan preventif untuk menekan penyebaran virus corona telah dilakukan oleh pemerintah setempat. Salah satunya adalah dengan menunda kompetisi olahraga yang berpotensi mengundang kerumunan di tempat publik.

Dan sepertinya, publik Belanda harus menunggu lebih lama lagi untuk menyaksikan aksi tim kesayangannya di atas lapangan. Sebab Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, menyatakan bahwa semua pentas olahraga harus ditunda sampai bulan September mendatang.

"Lebih baik untuk waspada sekarang ketimbang menyesal di kemudian hari," ujar Rutte saat memberikan pengumuman soal penundaan kompetisi olahraga di Belanda, seperti yang dikutip dari Sky Sports.

"Saya ingin bilang bahwa kami bisa melakukan tindakan yang lebih jauh. Tapi itu menakutkan dan berbahaya. Kami melihat perkembangan yang kecil dalam data, tapi itu bisa membuat kami melonggarkan penilaian serta membuat virus mencapai puncaknya lagi," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Desakan Menghentikan Kompetisi

Eredivisie merupakan salah satu kompetisi yang harus ditunda akibat penyebaran virus itu. Awalnya, pihak penyelenggara ingin menggelar kembali kompetisi pada bulan Juni mendatang tanpa kehadiran penonton.

Namun berhubung mandat sudah dikeluarkan, mau tak mau pihak penyelenggara harus mematuhinya. Sementara itu, desakan untuk menghentikan musim 2019/20 sudah mulai disuarakan oleh beberapa klub.

Tiga dari empat klub penghuni empat besar klasemen sementara Eredivisie sudah meminta kebijakan itu diambil sesegera mungkin. Mereka adalah Ajax, AZ Alkmaar, dan PSV Eindhoven.

Saat ini, Ajax masih memimpin klasemen dan mengoleksi jumlah poin yang sama dengan penghuni peringkat kedua, AZ Alkmaar. PSV sendiri menduduki posisi empat dengan koleksi 49 poin.

Sumber: Sky Sports

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, Published 22/4/2020)

Video Populer

Foto Populer