Sukses


Sosok Kepemimpinan Lionel Messi di Mata Roberto Ayala

Bola.com, Jakarta - Mantan pemain Timnas Argentina, Roberto Ayala, menilai Lionel Messi merupakan sosok pemimpin dengan cara yang berbeda. Menurutnya, kompatriotnya tersebut bukanlah pemimpin yang banyak bicara dan lebih fokus terhadap permainan.

Lionel Messi kerap mendapatkan kritik mengenai caranya memimpin tim, apalagi ban kapten sudah melingkar di lengan kirinya. Meski menjadi pemain paling berpengaruh di Barcelona dan Timnas Argentina, kapasitas Messi masih diragukan sebagai seorang pemimpin.

Padahal, bersama Barcelona pemain yang memiliki dribel dan kecepatan itu sudah berhasil meraih banyak gelar juara, yang membuatnya pun memperoleh enam trofi Ballon d'Or hingga saat ini.

Roberto Ayala yang pernah bermain satu tim bersama Messi di Timnas Aagentina, menyebut La Pulga adalah sosok pemimpin dengan cara yang berbeda. Menurutnya, Messi bukanlah sosok yang suka banyak berbicara di depan rekan satu timnya, baik sebelum maupun sesudah pertandingan.

"Lionel Messi suka mendapatkan perlakuan yang sama seperti pemain lainnya. Lionel Messi adalah orang yang sangat tertutup, tapi dia telah banyak berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Hari ini, ia adalah seorang pemimpin di luar lapangan," ujar Roberto Ayala kepada 90min.

 

Video

2 dari 2 halaman

Pemimpin yang Baik

Namun, dibalik sikap diam seorang Lionel Messi, Roberto Ayala menilai dia adalah pemimpin yang baik. Sebab, pemain berusia 32 tahun memberi contoh dengan bertindak. Messi menjadi teladan yang ideal bagi setiap pemain muda.

"Hari ini, dia ambil bagian pada segala hal: dia berbicara dengan teman satu timnya, dia bertanya bagaimana keadaan mereka. Bahkan sebelum pertandingan, dia kini mulai bicara," kata Roberto Ayala.

Masa depan Lionel Messi bersama Barcelona belakangan tengah diragukan. Sebab, kontraknya dengan Barcelona akan habis pada Juni 2021. Negosiasi kontrak baru dengan pihak Barcelona pun belum menemui titik temu.

"Saya sudah berbicara dengan Messi dan rencananya selalu mengakhiri karier di Barcelona. Banyak hal yang terjadi kepada klub, tapi saya sepenuhnya yakin bahwa kariernya bakal berakhir di Barcelona," ujar Fabregas kepada Cadena Cope.

Sumber: 90min, Cadena Cope

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 22/4/2020)

Video Populer

Foto Populer