Sukses


Nilai Pasaran Son Heung-min Menyalip Cristiano Ronaldo

Jakarta Prestasi tersendiri diraih bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min. Pemain asal Korea Selatan ini, untuk pertama kalinya berhasil melampaui Cristiano Ronaldo dari Juventus dalam nilai pasar.

Transfermarkt, sebuah situs spesialisasi dalam berita pasar sepa kbola Eropa, baru-baru ini merilis pembaruan nilai pasar terkini dari pemain sepak bola profesional di seluruh dunia.

Hasilnya, Son Heung-min dievaluasi bernilai 64 juta euro, atau ada di peringkat ke-32 secara keseluruhan dan ke-19 di antara para penyerang.

Namun, nama Son Heung-min tetap di puncak di antara para pemain Asia. Nilainya turun 20 persen dari 80 juta euro pada Desember tahun lalu.

Namun, pencapaian Son Heung-min bergerak di depan idolanya Ronaldo, yang dihargai 60 juta euro dan menempati peringkat ke-43 secara keseluruhan. Nilai striker veteran Portugal itu hampir separuh dari 120 juta euro pada Januari 2018.

Video

2 dari 2 halaman

Faktor Usia Cristiano Ronaldo

Penurunan nilai Ronaldo terutama karena usianya dan berkurangnya prospek masa depan. Pasalnya, biaya transfer didasarkan pada di mana pemain berada dalam kariernya, dan prospek untuk pertumbuhan di masa depan.

Ketika Son Heung-min bergabung dengan Hamburg SV di Bundesliga Jerman pada 2010, ia hanya bernilai 150.000 euro - 1/600 dari harga 90 juta euro Ronaldo saat itu.

Dua tahun kemudian, nilainya meningkat 30 kali lipat, dan terus meningkat sejak saat itu.

Kylian Mbappe dari Paris Saint-Germain menduduki puncak daftar dengan nilai 180 juta euro, diikuti oleh rekan setimnya dari Brasil Neymar dengan 128 juta euro.

Lionel Messi dari Barcelona FC, yang dua tahun lebih muda dari Ronaldo, berada di urutan kedelapan dengan 112 juta euro

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Liputan6.com (Achmad Yani Yustiawan/Windi Wicaksono, published 27/4/2020)

Video Populer

Foto Populer