Sukses


7 Rekrutan Termahal Jose Mourinho, Ada yang Memicu Perdebatan

Bola.com, Jakarta - Jose Mourinho merupakan satu di antara manajer tersukses. Pria asal Portugal saat ini menakhodai Tottenham Hotspur.

Jauh sebelum mendarat di klub yang bermarkas di London itu, Jose Mourinho telah membesut banyak klub. Sejak 2000, ia tercatat pernah melatih delapan tim. Beberapa di antaranya merupakan klub top, atau dibawanya ke level top.

Klub-klub tersebut, selain Tottenham Hotspur, yakni Benfica, Uniao de Leiria, Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, dan Manchester United.

Bersama klub-klub tersebut, Mourinho telah memenangi banyak prestasi bergengsi. Dia antaranya, gelar Serie A, Primeira Liga, La Liga, Premier League, dan dua trofi Liga Champions bersama Porto dan Manchester United.

Segudang prestasi itu tentu tak lepas dari kontribusi apik pemainnya di lapangan. Dengan jejak karier 20 tahun lamanya, pria yang melabeli dirinya sendiri dengan sebutan the Special One ini pernah bekerja bersama ratusan pemain.

Ada pemain yang didatangkannya, yang tampil sesuai ekspektasinya. Namun, ada pula yang flop.

Jadi pelatih di klub-klub elite, terkadang membuat Mourinho memiliki keistimewaan, yakni bisa meminta klub membayar pemain bintang incaran dengan nilai transfer di atas rata-rata.

Di Tottenham Hotspur saat ini saja, pada bursa transfer musim dingin Januari lalu, dia telah mendatangkan tiga pemain, dua di antaranya berharga total 52,2 juta paun.

Menarik untuk membedah, siapa-siapa saja pemain yang didatangkan Mourinho dengan harga mahal, mengacu pada data transfermarkt.

Berikut hasil rangkuman Bola.com, tujuh pemain yang ada di daftar teratas rekrutan termahal Jose Mourinho seperti dilansir dari Give Me Sports, Kamis (30/4/2020).

2 dari 4 halaman

Didier Drogba

7. Didier Drogba - 34,6 juta paun (Rp646,6 miliar)

Transfer: Marseille ke Chelsea, Juli 2004

Satu di antara pemain terbaik yang pernah dimiliki Chelsea. Didier Drogba membukukan 157 gol dalam 341 pertandingan di Chelsea, memenangi masing-masing empat gelar Premier League dan Piala FA, serta Liga Champions.

6. Henrikh Mkhitaryan - 37,8 juta paun (Rp704,5 miliar)

Transfer: Borussia Dortmund ke Manchester United, Juli 2016

Mkhitaryan menorehkan beberapa kenangan manis semasa di Old Trafford, termasuk gol tendangan kalajengking saat melawan Sunderland serta memenangi Liga Europa 2017.

Sayangnya, dia hanya bertahan 1,5 musim saja bersama Manchester United dan setelah itu gabung Arsenal.

5. Andriy Shevchenko - 39,4 juta paun

Transfer: AC Milan ke Chelsea, Juni 2006

Salah seorang striker terhadap di generasinya, fans Chelsea beranggapan mereka mendapatkan hadiah saat klub mengumumkan pemain pembelian asal Ukraina itu dari AC Milan.

Namun, Andriy Shevchenko justru melempem di Stamford Bridge, hanya mencetak 23 gol dari 76 penampilan bersama the Blues.

Shevchenko merupakan rekrutan termahal Jose Mourinho selama di Chelsea, namun justru berakhir flop.

3 dari 4 halaman

Nemanja Matic

4. Nemanja Matic - 40,2 juta paun (Rp749 miliar)

Transfer: Chelsea ke Manchester United, Juli 2017

Chelsea berani melepas Nemanja Matic ke klub rival, Manchester United, karena beranggapan memiliki pemain yang lebih bagus dari pemain asal Serbia itu.

Faktanya, kedatangannya ke Old Trafford justru membuat lini belakang Setan Merah menjadi jauh lebih kukuh.

3. Fred - 53,1 juta paun (Rp989,3 miliar)

Transfer: Shakhtar Donetsk ke Manchester United, Juni 2018

Sempat mengalami kesulitan pada musim debut, perlahan Fred mulai mendapat kepercayaan di era manajer Ole Gunnar Solskjaer, ketimbang saat Setan Merah masih dilatih Mourinho, manajer yang mendatangkannya.

4 dari 4 halaman

Paul Pogba

2. Romelu Lukaku - 76,2 juta paun (Rp1,4 triliun)

Transfer: Everton ke Manchester United, Juli 2017

Rekrutan Mourinho satu ini kerap memicu perdebatan. Apakah Romelu Lukaku pembelian gagal Manchester United atau sebaliknya?

Kini Lukaku memberikan jawabannya. Dia unjuk gigi bersama Inter Milan. Bisa jadi, dia hanya tak cocok saja di Manchester United.

1. Paul Pogba - 94,5 juta paun (1,7 triliun)

Transfer: Juventus ke Manchester United, Juli 2016

Paul Pogba telah menampilkan permainan terbaiknya sejak gabung Manchester Uniited lagi pada musim panas 2016. Namun, cedera dan konsistensi, menghalanginya untuk tetap berada di level terbaik.

Sama halnya, Romelu Lukaku, keberadaan Pogba belakangan ini juga memunculkan perdebatan, apakah dia sebaiknya bertahan atau dijual saja? 

Sumber: Give Me Sport

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer