VIDEO: Termasuk Mantan Pemain AC Milan, Paolo Maldini, Berikut 5 Bek Tengah Terbaik Sepanjang Masa

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 06 Mei 2020, 14:30 WIB
Diperbarui 06 Mei 2020, 14:30 WIB

Bola.com, Jakarta SportBites kali ini akan membahas tentang lini belakang, posisi ini memang begitu penting dalam permainan sepak bola, tidak hanya menjadi tembok terbelakang, posisi bek memang menjadi penentu musuh dapat melewatinya atau tidak. Menjadi bek memang bukan perkara yang mudah, tak hanya pintar menghadang serangan lawan, bek juga berperan penting dalam kontribusi terhadap lini serang, banyak sekali bek kelas dunia yang menjadi momok menakutkan bagi musuh, salah satunya adalah Paolo Maldini yang merupakan salah satu bek tangguh yang dimiliki AC Milan.

Paolo Maldini, menjadi salah satu kunci permainan dalam lini belakang yang dimiliki AC Milan, bagaimana tidak, pengawalannya terhadap musuh yang datang ke lini bertahan AC Milan langsung dihadang dan tidak diberi kesempatan untuk memberikan peluang. Tidak hanya itu, karakter bertahan dan juga membantu lini serang juga merupakan salah satu kelebihannya di lapangan hijau.

Maldini awalnya berposisi bek kanan sebelum beralih ke sisi kiri. Dia pun akhirnya ditempatkan di jantung pertahanan dan kemampuannya dalam menjaga lini belakang sulit ditembus lawan. 

Sepanjang kariernya bersama AC Milan, Paolo Maldini telah mempersembahkan tujuh titel Serie A. Adapun dikompetisi Eropa, Maldini berhasil meraih lima gelar Piala/Liga Champions dan pernah masuk tiga besar penghargaan Ballon d'Or 1994 dan 2003.

Pria kelahiran Milan tersebut tercatat mampu meraih beberapa penghargaan, selain karirnya yang cemerlang, sosoknya yang loyal terhadap klub layak diberikan apresiasi. Sejak awal karirnya di AC Milan, ia tidak pernah hijrah ke klub manapun meski banyak klub yang menawarkannya untuk berpindah.

Namun, tidak hanya bek asal AC Milan saja yang menjadi salah satu bek tengah terbaik sepanjang masa, berikut 5 bek tengah terbaik sepanjang masa termasuk Paolo Maldini yang telah dirangkum dalam SportBites.