11 Pemain Bintang yang Berstatus Bebas Transfer pada Musim Panas 2020

Oleh Rizki Hidayat pada 07 Mei 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 07 Mei 2020, 08:00 WIB
7 Pemain Andalan

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona membuat jadwal kompetisi sepak bola Eropa harus ditunda, bahkan ada yang dihentikan. Namun pada saat yang bersamaan, kontrak sejumlah pemain bintang berakhir pada musim panas 2020.

Sejak Maret lalu, lima liga top Eropa mulai dari Serie A, Premier League, La Liga, Bundesliga, hingga Ligue 1 mengalami penundaan akibat pandemi COVID-19. Bukan hanya itu, dua turnamen Eropa, yakni Liga Champions dan Liga Europa, tak bisa dihelat.

Teranyar, Eredivisie dan Ligue 1 musim ini diputuskan untuk dihentikan. Situasi pandemi virus corona di Eropa yang masih cukup tinggi, membuat federasi sepak bola dan operator liga di Belanda serta Prancis memutuskan untuk menyudahi musim 2019-2020.

Eredivisie diputuskan tanpa pemenang, adapun Paris Saint-Germain ditetapkan sebagai juara Ligue 1 musim ini. Di sisi lain, Serie A, Premier League, La Liga, serta Bundesliga dijadwalkan bakal berlanjut pada akhir Mei dan awal Juni mendatang.

Jika kompetisi tetap berlanjut, sejumlah aturan ketat bakal diterapkan, satu di antaranya adalah menggelar laga tanpa penonton.

Dengan molornya jadwal kompetisi musim ini membuat bursa transfer pemain musim panas akan agak membingungkan. Selain itu, klub-klub diprediksi tidak akan jor-joran dalam berbelanja, karena kondisi finansialnya terdampak pandemi virus corona.

Opsi yang paling masuk akal adalah mencari pemain yang tak terlalu mahal, memakai sistem barter, atau menelisik pesepak bola yang bakal berstatus bebas transfer pada akhir musim ini.

Seperti dilansir ESPN, berikut ini adalah 11 pesepak bola yang akan berlabel bebas transfer, karena kontraknya berakhir pada 30 Juni 2020. Beberapa ada yang memperkuat klub-klub raksasa.

2 dari 13 halaman

Edinson Cavani (PSG)

Top scorer sementara Eropa
4. Edinson Cavani (Paris Saint-Germain) - 16 Gol. (AP/Christophe Ena)

Penyerang Paris Saint-Germain, Edinson Cavani, menjadi satu di antara striker papan atas Eropa yang kontraknya akan habis musim panas nanti. Sepanjang kariernya di PSG, dia selalu mencetak minimal 20 gol per musim.

Pada usia 33 tahun, striker asal Uruguay ini masih menarik minat tim-tim besar Eropa, satu di antaranya adalah Manchester United. Terlebih, sang pemain bisa didapatkan dengan cuma-cuma.

3 dari 13 halaman

Olivier Giroud (Chelsea)

Striker Berkualitas Arsenal Setelah Era Thierry Henry
2. Olivier Giroud – Giroud merupakan striker yang memiliki finishing yang brilian. Selama berseragam Arsenal Giroud berhasil mengemas 69 gol dan 27 assists dalam 164 laga. (EPA/Rui Viera)

Meski dua setengah tahun kariernya di Chelsea tak berjalan dengan bagus, Olivier Giroud mampu berbuat banyak ketika membela Timnas Prancis. Dia sukses mempersembahkan Piala Dunia 2018 untuk Les Bleus.

Chelsea ingin memperpanjang kontrak striker veteran ini untuk satu tahun ke depan. Namun, opsi tersebut tak terlalu disukai pemain berusia 33 tahun ini.

Alhasil, pembahasan kontrak baru Giroud masih jalan di tempat. Selain itu, dia juga sudah jenuh menjadi penghangat bangku cadangan dan ingin membuktikan diri jika kariernya belum usai.

4 dari 13 halaman

Willian (Chelsea)

Bayern Munchen Vs Markas Chelsea
Pemain Bayern Munchen, David Alaba, berebut bola dengan gelandang Chelsea, Willian, pada laga Liga Champions di Stadion Stamford Bridge, Selasa (25/2/2020). Chelsea takluk 0-3 dari Bayern Munchen. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Negosiasi Willian dan Chelsea berjalan dengan alot. Chelsea hendak memperpanjang sang pemain untuk dua tahun ke depan, namun, pemain berpaspor Brasil ini menginginkan perpanjangan kontrak tiga tahun.

Meski telah berusia 31 tahun, Willian masih menjadi incaran tim-tim besar seperti Barcelona dan Paris Saint-Germain.

5 dari 13 halaman

Layvin Kurzawa (PSG)

FOTO: Hattrick Leyvin Kurzawa Antar PSG Menang Telak
Bek PSG, Layvin Kurzawa, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Anderlecht pada laga Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, Selasa (31/10/2017). PSG menang 5-0 atas Anderlecht. (AFP/Franck Fife)

Pemain berusia 27 tahun tersebut merupakan satu di antara pilar penting di sisi kiri pertahanan Paris Saint-Germain. Selama hampir lima musim membela Les Parisiens, Kurzawa tampil dalam 123 pertandingan dan mencetak 13 gol.

Pemain berusia 27 tahun tersebut juga turut membantu PSG meraih 13 gelar juara di kompetisi domestik, termasuk empat trofi Ligue 1.

Akan tetapi, kontrak Layvin Kurzawa bersama Paris Saint-Germain akan berakhir pada 30 Juni 2020. PSG dikabarkan tidak bakal memperpanjang kontrak si pemain dan akan melepasnya secara cuma-cuma pada musim panas tahun ini.

Dengan usia yang masih muda, Kurzawa diyakini menjadi incaran sejumlah klub Eropa. Arsenal disebut-sebut berada di baris terdepan untuk menggaet Kurzawa.

6 dari 13 halaman

Thomas Meunier (PSG)

Thomas Meunier
Real Madrid dikabarkan tertarik mendapatkan tanda tangan bek Paris Saint-Germain, Thomas Meunier. Nantinya, Meunier bakal menggantikan peran Danilo yang santer disebut gabung ke Chelsea. (AFP/Fabrice Coffrini)

Bek berusia 28 tahun tersebut telah empat musim membela PSG. Sejauh ini, Meunier telah mencatatkan 128 penampilan dan mencetak 13 gol. Dia juga turut membantu Les Parisiens meraih sembilan titel juara.

Sayangnya, kontrak Thomas Meunier bersama Paris Saint-Germain akan berakhir pada musim panas tahun ini. Hingga saat ini, belum ada tawaran perpanjangan kontrak kepada pemain asal Belgia itu.

Situasi tersebut membuat Thomas Meunier bisa hengkang ke klub lain secara cuma-cuma. Tottenham Hotspur dikabarkan pakar transfer Sky Italia, Gianluca di Marzio, siap menampung Meunier pada awal musim depan.

7 dari 13 halaman

Jan Vertonghen (Tottenham Hotspur)

Liga Champions, Juventus, Tottenham Hotspur
Bek Tottenham Hotspur, Jan Vertonghen, tampak kecewa usai dikalahkan Juventus pada laga Liga Champions di Stadion Wembley, London, Rabu (7/3/2018). Tottenham Hotspur takluk 1-2 dari Juventus. (AFP/Ian Kington)

Jan Vertonghen ikut andil dalam membawa Tottenham Hotspur lolos ke final liga Champions musim lalu. Namun, ia belum mendapat perpanjangan kontrak dan berpotensi pergi musim panas nanti dengan status bebas transfer.

Vertonghen juga berperan dalam upaya Spurs memperbaiki peringkat di Premier League. Kini peluang Spurs lolos ke kompetisi Eropa terbuka lebar karena untuk sementara bertengger di posisi lima besar.

8 dari 13 halaman

Adam Lallana (Liverpool)

Gol Lallana Selamatkan Liverpool dari Kekalahan atas MU
Gelandang Liverpool Adam Lallana melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Manchester United (MU) pada pertandingan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu (20/10/2019). Gol Lallana menyelamatkan Liverpool dari kekalahan dengan hasil akhir 1-1. (AP Photo/Jon Super)

Gelandang asal Inggris tersebut memasuki tahun terakhirnya berseragam Liverpool. Pasalnya, kontrak Lallana akan berakhir pada 30 Juni 2020, dan belum ada tanda-tanda akan diperpanjang.

Leicester City dan Arsenal disebut-sebut siap menampung pemain berusia 31 tahun tersebut. The Foxes dan The Gunners akan berupaya mengamakan jasa Lallana pada bursa transfer musim panas tahun ini.

Selama hampir enam musim membela Liverpool, Adam Lallana tampil dalam 178 laga dan mencetak 22 gol. Meski tak selalu menjadi pilihan utama, Lallana turut membantu The Reds meraih tiga trofi juara.

9 dari 13 halaman

David Silva (Manchester City)

David Silva, Manchester United
Ekspresi pemain Manchester City, David Silva, setelah membobol gawang Watford pada final Piala FA di Stadion Wembley, Sabtu (18/5/2019) malam waktu setempat. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

Setelah satu dekade membela Manchester City, David Silva akan meninggalkan klub musim panas ini sebagai legenda Premier League. Jika Manchester City meraih trofi Liga Champions musim ini akan menjadi kado perpisahan termanis bagi Silva.

Pemain asal Spanyol tersebut turut andil dalam torehan trofi Manchester City di kompetisi domestik. Silva dikaitkan akan bergabung dengan klub MLS, Inter Miami, milik David Beckham.

10 dari 13 halaman

Dries Mertens (Napoli)

Napoli Vs Liverpool
Penyerang Napoli, Dries Mertens, melakukan selebrasi usai membobol gawang Liverpool pada laga Liga Champions di Stadion San Paolo, Selasa (17/9/2019). Napoli menang 2-0 atas Liverpool. (AP/Gregorio Borgia)

Dries Mertens tampil bagus bersama Napoli sejak 2009. Ia sempat menjadi pemain favorit untuk bergabung dengan Manchester United.

Namun, kesepakatan itu urung terjadi dan Mertens masih membela Napoli. Musim ini, pemain berpaspor Belgia itu telah mencetak 15 gol.

Mertens bersama Napoli juga menjadi tim yang mengalahkan Liverpool musim ini. Ia mencetak dua gol dalam kemenangan 3-0 Napoli atas The Reds di Liga Champions.

11 dari 13 halaman

Mario Gotze (Dortmund)

Mario Gotze, Liverpool
Gelandang Borussia Dortmund, Mario Gotze tertarik hijrah ke Liverpool. (AFP)

Mario Gotze merupakan pahlawan Jerman dalam memenangkan Piala Dunia 2014. Gol semata wayangnya ke gawang Argentina memastikan Der Panser meraih trofi keempatnya.

Namun, faktor cedera membuat karier mantan pemain Bayern Munchen ini menurun. Gotze saat ini membela klub yang membesarkan namanya, Borussia Dortmund.

Gotze dikaitkan akan pindah ke Premier League jika kontraknya tidak diperpanjang Dortmund.

12 dari 13 halaman

Ryan Fraser (Bournemouth)

Ryan Fraser - Bournemouth
Pemain Bournemouth, Ryan Fraser. (dok. Bournemouth)

Pemain berusia 26 tahun tersebut merupakan sosok penting di lini serang Bournemouth. Pada musim ini, Fraser tampil dalam 32 laga dengan mencetak satu gol plus empat assist.

Akan tetapi, kontrak Ryan Fraser bersama Bournemouth akan berakhir pada musim panas tahun ini. Dengan usia yang masih muda, Fraser kemungkinan besar akan mendapatkan kontrak baru dari Bournemouth.

Meski begitu, tak sedikit klub yang akan berupaya mendapatkan jasa sang pemain, satu di antaranya adalah Arsenal. Apalagi, The Gunners bisa memboyong Ryan Fraser secara gratis pada musim panas tahun ini.

Sumber: ESPN

13 dari 13 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Jadwal Perempat Final Liga Champions, Cristiano Ronaldo Bisa Reuni dengan Real Madrid