Bek Union Berlin Kritik Bundesliga Dilanjutkan 16 Mei Saat Pandemi Virus Corona Masih Mengancam

Oleh Hendry Wibowo pada 09 Mei 2020, 16:30 WIB
Diperbarui 09 Mei 2020, 16:30 WIB
Logo Bundesliga

Bola.com, Berlin - Bek Union Berlin Neven Subotic mengatakan kompetisi Bundesliga digelar terlalu cepat di tengah pandemi virus corona dan mengatakan hal itu sangat beresiko. Karena memang COVID-19 masih mengancam di seanter dunia.

Kompetisi Bundesliga membuat kejutan. Mereka berani mengumumkan bahwa sisa kompetisi musim ini akan dilanjutkan kembali pada 16 Mei mendatang.

Mereka jadi liga pertama di Eropa yang melakukannya. Sementara itu liga Belanda, Belgia, dan Prancis malah memutuskan untuk menghentikan liga.

Namun kompetisi Bundesliga juga dijalankan sesuai protokol kesehatan yang ketat. Para pemain harus dites kesehatan minimal sekali dalam sepekan.

Selain itu jumlah orang yang bisa masuk ke stadion juga dibatasi. Sementara itu para pemain pengganti harus tetap menjalani protokol menjaga jarak di bangku cadangan.

Keputusan menggelar kembali Bundesliga ini dikomentari oleh Neven Subotic. Ia merasa dilanjutkannya kompetisi sementara pandemi masih berlangsung merupakan tindakan yang beresiko.

"Itu adalah situasi yang berbahaya bagi kita semua. Mustahil untuk keluar dari liga dengan catatan positif. Itu hanya akan menjadi banyak pekerjaan manajemen risiko dan mencoba untuk mencapai akhir musim dengan korban paling sedikit," ujarnya pada BBC.

"Anda dapat mendengar dari tanggapan saya bahwa saya kritis tentang bagaimana semuanya telah dikelola, tetapi saya mengerti ini adalah situasi yang sulit bagi semua orang. Kita semua ingin maju dan berada dalam situasi di mana kita tidak perlu khawatir tentang hal itu, tapi saya pikir itu tidak realistis dalam beberapa bulan mendatang," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Terlalu Cepat

Trofi Bundesliga
Trofi Bundesliga. (AFP/SVEN HOPPE)

Neven Subotic menambahkan, operator Bundesliga terlalu terburu-buru menggelar sisa kompetisi musim ini. Sebab ia merasa pandemi virus corona ini masih akan berlangsung cukup lama.

"Tidak masalah kapan kita mulai, itu akan terlalu cepat. Bahkan jika kita mulai dalam beberapa minggu, itu terlalu cepat."

"Jika kita sudah mulai, itu akan terlalu cepat. Bahkan jika kita mulai dalam beberapa bulan, itu mungkin terlalu cepat."

Sumber asli: BBC

Disadur dari: Bola.net (Dimas Ardy Prasetya, Published 8/5/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓
Jadwal Perempat Final Liga Champions, Cristiano Ronaldo Bisa Reuni dengan Real Madrid