Sukses


5 Pemain Jebolan Borussia Dortmund: Ada yang Makin Berkibar, Ada yang Jeblok

Bola.com, Jakarta - Borussia Dortmund didirikan pada 19 Desember 1909. Jadi, saat ini klub berjuluk Die Borussen ini telah berusia 110 tahun. Di usia yang sudah tua, klub yang bermarkas di Dortmund, kota di sebelah barat daya Jerman ini, telah memenangi banyak gelar baik di kancah domestik dan internasional.

Beberapa di antaranya, delapan gelar Liga Jerman (Bundesliga), Piala Winners, Piala UEFA, Piala UEFA Super Cup, serta Liga Champions.

Musim ini Borussia Dortmund masih berjuang memburu gelar kesembilan Bundesliga. Peluang itu masih terbuka lantaran hanya berselisih empat poin (51) dari pemuncak klasemen sementara, Bayern Munchen (55), yang sama-sama telah memainkan 25 pertandingan.

Sabtu (16/5/2020), menjadi momen yang dinanti setelah hampir dua bulan lamanya kompetisi Bundesliga terhenti akibat pandemi virus corona.

Tim asuhan pelatih Lucien Favre ini diprediksi akan langsung tancap gas untuk menyalip Die Roten.

Sepanjang sejarah klub, Borussia Dortmund telah diperkuat pemain dengan beragam latar belakang. Belakangan ini, reputasi Dortmund beralih sebagai klub yang mampu membangun kekuatan dengan pemain muda.

Yang terbaru dan masih jadi perbincangan hangat, ada nama seperti Jadon Sancho, Erling Haaland, dan Giovanni Reyna. 

Keberadaan mereka mampu menarik minat klub-klub besar lainnya, terutama sosok Sancho, yang santer dikabarkan diminati klub-klub Premier League.

Meski begitu, Dortmund juga kerap tak mampu menahan godaan besar dari klub-klub Eropa lain. Dalam beberapa kesempatan, the Black dan Yellows merelakan pemain-pemain andalan mereka hengkang.

Dari deretan pemain yang telah meninggalkan Signal Iduna Park, ada yang saat ini moncer bersama klub masing-masing.

Menarik untuk sedikit mengulas, para pemain yang berstatus alumnus Borussia Dortmund dan kini makin ternama di klub yang mereka bela saat ini.

 

2 dari 6 halaman

Ousmane Dembele

Ousmane Dembele berkostum Borussia Dortmund selama satu musim, 2016-2017, dengan mencatatkan 49 penampilan di semua ajang.

Pemain asal Prancis ini mengoleksi 10 gol yang mengesankan dan 21 assist. Penampilan itu memikat Barcelona.

Dortmund sempat enggan melepas Dembele. Namun, Die Borussen akhirnya menyerah.

Dembele pergi ke Barcelona pada musim panas 2017 dengan transfer mencapai 125 juta euro. Padahal, saat didatangkan dari Rennes pada musim panas 2016, Dortmund hanya mengeluarkan uang senilai 15 juta euro saja.

Sayang, saat ini Dembele mengalami cedera yang membuatnya tersisih dari skuad Barcelona.

3 dari 6 halaman

Ilkay Gundogan

Sebelum menghentak Premier League dengan skill-nya, Gundogan merupakan pemain besar dalam jajaran skuad Borussia Dortmund.

Gelandang asal Jerman ini mencatatkan 157 penampilan dan memenangi Bundesliga 2011-2012.

Satu di antara yang paling dikenang dari Gundogan selama berkostum Dortmunda adalah golnya ke gawang Bayern Munchen pada final Liga Champions 2013. Sayang, Die Borussen kalah dalam pertandingan itu.

Setelah itu, penampilan Dortmund terus mengalami penurunan dan puncaknya, pengunduran diri sang pelatih, Jurgen Klopp, pada 2015.

Namun, penurunan Dortmund itu tak memengaruhi Gundogan. Dia tetap stabil, meski tak jarang dihantam cedera. Manchester City akhirnya memboyong Gundogan pada 2016 dengan transfer 27 juta euro.

4 dari 6 halaman

Ivan Perisic

Ivan Perisic melakukan terobosan besar dalam karier profesionalnya saat meninggalkan Club Brugge menuju Borussia Dortmund pada 2011 dengan kesepakatan transfer 5,5 juta euro.

Pemain sayap asal Kroasia ini menghabiskan dua tahun di Signal Iduna Park, membantu the Black and Yellows memenangi dobel gelar pada 2011-2012 yang tak terlupakan, dengan mencatatkan 64 penampilan.

Namun, ia tak bisa memikat hati Jurgen Klopp, yang berimbas pada menit bermainnya. Perisic lantas hengkang ke Wolfsburg dengan nilai transfer 8 juta euro pada musim dingin 2013.

Musim ini, Perisic kembali ke Bundesliga, namun gabung dengan Bayern Munchen dengan status pinjaman setelah gagal mengamankan tempat utama di skuad Inter Milan.

5 dari 6 halaman

Pierre-Emerick Aubameyang

Aubameyang menikmati 4,5 tahun mengesankan di Borussia Dortmund. Dia menjadi mesin gol yang mematikan lawan di panggung sepak bola Jerman, mencetak 141 gol dalam 213 pertandingan.

Pemain asal Gabon ini memenangi Bundesliga Player of the Year pada musim 2015-2016 dan menjadi top scorer pada musim berikutnya.

Aubameyang juga jadi penentu kemenangan lewat golnya ke gawang Eintracht Frankfurt pada partai final Piala DFB 2017. Itu jadi gelar ketiganya di Jerman.

Namun, Die Borussen harus mengucap selamat tinggal kepada Aubameyang pada Januari 2018. Tertarik dengan tantangan baru, kapten Timnas Gabon itu menerima tawaran pindah ke Arsenal dengan mahar 63,75 juta euro.

Sejak itu, Aubameyang makin menunjukkan kelasnya sebagai predator di pertahanan lawan, dengan mencetak 61 gol dalam 97 penampilan bersama Arsenal.

6 dari 6 halaman

Robert Lewandowski

Lewandowski pernah mengalami awal karier yang tak mulus, bahkan karier sepak bolanya sempat dinyatakan bakal berakhir lantaran kondisi fisiknya yang kurang. Namun, striker asal Polandia ini berhasil bangkit dan menjadi pemain top di negaranya.

Borussia Dortmund tertarik dan memboyong Lewandowski dari Lech Poznan pada 2010 dengan transfer sebesar 4,6 juta euro saja.

Lewandowski sempat kesulitan beradaptasi dengan kehidupan di Jerman, namun pada akhirnya ia menemukan jati dirinya.

Dia menjelma menjadi penyerang tengah yang komplet di bawah bimbingan Jurgen Klopp, mencetak 103 gol dalam 187 pertandingan.

Lewandowski merasakan gelar Bundesliga secara beruntun, Piala DFB, hingga Piala Super DFL.

Hanya, begitu kontraknya berakhir pada 2014, dia memilih opsi transfer bebas ke Bayern Munchen yang jadi kontroversi.

Kini pemain berusia 31 tahun ini telah berkembang menjadi satu di antara yang terbaik di dunia dan digadang-gadang menjadi satu di antara kandidat peraih Ballon d'Or 2020.

Sumber: Ronaldo.com

Video Populer

Foto Populer