VIDEO: Cristiano Ronaldo, Mohamed Salah, dan 4 Bintang Sepak Bola Dunia yang Cium Bola Sebelum Eksekusi Penalti

Oleh Okie Prabhowo pada 13 Mei 2020, 12:50 WIB
Diperbarui 13 Mei 2020, 12:50 WIB

Bola.com, Dunia - Para pesepak bola dunia memiliki beberapa ritual saat di lapangan, termasuk sebelum melakukan eksekusi penalti. Cristiano Ronaldo dan Mohamed Salah adalah contoh bintang lapangan hijau yang mempunyai ritual mencium bola sebelum melakoni tendangan penalti.

Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukannya baik di klub maupun di Timnas Portugal. CR7 juga pernah tertangkap kamera mencium bola sebelum melakukan tendangan penalti ketika masih berseragam Real Madrid. Ketika di timnas, ia juga melakukannya saat menghadapi Iran di Piala Dunia 2018 di Rusia. Namun, eksekusinya saat itu gagal dan Portugal bermain imbang 1-1.

Kegagalan tersebut menjadi salah satu dari 22 kali eksekusi penalti Ronaldo yang gagal. Ritual mencium bola sebelum menendang lebih sering membawa keberuntungan bagi mantan pemain Manchester United tersebut. Menurut Transfermarkt, Cristiano Ronaldo berhasil melesakkan 121 gol dari tendangan penalti.

Bagaimana dengan bintang Liverpool, Mohamed Salah. Ia juga kerap kali melakukan ritual mencium bola sebelum menendang penalti baik saat di klub maupun ketika membela Timnas Mesir. Di Liverpool, salah satu momennya yaitu ketika membobol gawang Tottenham Hotspur pada partai final Liga Champions 2018-2019. Ia mencium bola sebelum mencetak gol pertama The Reds, yang akhirnya menjadi juara setelah menang 2-0 atas Spurs.

Apakah ritual mencium bola sebelum tendangan penalti membawa keberuntungan bagi Salah? Mantan pemain Chelsea tersebut menorehkan 14 gol penalti dan tiga kali gagal dalam eksekusi, menurut data dari Transfermarkt.

Selain Cristiano Ronaldo dan Mohamed Salah, siapa lagi bintang sepak bola dunia yang memiliki kebiasaan mencium bola sebelum melakukan eksekusi penalti? Jawabannya dapat kalian saksikan dalam video singkat di atas.