VIDEO: Bukan Zlatan Ibrahimovic atau Ronaldinho, Inilah 5 Pembelian Termahal AC Milan Sepanjang Masa

Oleh Yusuf Satria pada 14 Mei 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 14 Mei 2020, 10:00 WIB

Bola.com, Jakarta Masuknya Zlatan Ibrahimovic ke AC Milan musim ini dianggap bisa mengembalikan masa jaya AC Milan. AC Milan dianggap sebagai satu di antara klub paling sukses di Eropa, bahkan dunia. Puluhan pemain bintang pernah singgah di AC Milan, mulai dari era Marco van Basten,Ronaldinho hingga Zlatan Ibrahimovic .

Di pentas Serie A, klub asal Kota Mode Italia itu menjadi pengoleksi scudetto terbanyak kedua setelah Juventus dengan total 18 trofi. Sementara, di ajang Liga Champions, Il Diavolo Rosso mempunyai tujuh gelar. Catatan tersebut hanya kalah dari Real Madrid, yang sudah meraih 13 gelar Liga Champions.

Namun,semenjak ditinggal para bintang dan kasus calciopoli yang meruntuhkan Serie A, pesona AC Milan perlahan-lahan mulai pudar. AC Milan yang dulunya identik dengan pemain bintang, sekarang hanya segelintir saja yang dikenal oleh penikmat sepakbola dunia.

Pada saat bursa transfer, AC Milan cukup sering membeli pemain-pemain dengan harga tinggi.  Dari segi belanja pemain, AC Milan mungkin tidak seroyal Juventus ataupun Inter Milan, namun AC Milan kerap melahirkan bintang-bintang mahal yang harganya jauh melampaui pada saat harga pembelian.

Ambil contoh saat AC Milan membeli Ricardo Kaka dari Santos. Kaka dibeli dengan harga 8 juta Euro pada tahun 2003. Pada tahun 2009 ia menjual Kaka ke Real Madrid dengan harga 67 Juta Euro. Pemain asal Brasil itu tampil oke saat mengenakan seragam Rossoneri pada durasi 2003-2009. Kaka tercatat mampu membukukan 104 gol dan 74 assist dalam 307 penampilan di berbagai ajang.

Selain itu, Kaka juga berhasil mempersembahkan lima trofi untuk publik San Siro, yaitu gelar Piala Super Italia, Serie A, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub dan Liga Champions. Kemudian saat membela AC Milan, Kaka sukses menyabet penghargaan individu bergengsi, Ballon d'Or pada 2007.

Melalui situs transfermarkt, kami mengambil 5 pemain termahal yang pernah dibeli AC Milan, uniknya tidak ada nama seperti Kaka, Zlatan Ibrahimovic atau Ronaldinho. siapa saja mereka ?