VIDEO: Mantan Pemain Barcelona dan Inter Milan, Samuel Eto'o Puji Ronaldo Sebagai Striker Terbaik di Dunia

Oleh Yusuf Satria pada 16 Mei 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 16 Mei 2020, 08:00 WIB

Bola.com, Jakarta Mantan striker Barcelona dan Inter Milan, Samuel Eto'o mengungkapkan jika Ronaldo "El Fenomeno" merupakan striker terbaik dunia yang ia ketahui. Hal itu ia ungkapkan saat sesi wawancara singkat dengan SNTV.

Uniknya, baik Samuel Eto'o dan Ronaldo tidak pernah bermain dalam satu tim walaupun mereka pernah membela tiga tim yang sama, yakni Barcelona, Inter Milan dan Real Madrid. Samuel Eto'o yang kini sudah pensiun berkata jika Ronaldo adalah yang terbaik setelah dirinya pada posisi penyerang tengah.

Selama berkarier di lapangan hijau, Samuel Eto'o menikmati salah satu momen terbaik saat memperkuat Barcelona. Di klub raksasa Spanyol itu, dia berhasil membantu tim memenangi tiga gelar La Liga dan dua trofi Liga Champions. 

Setelah lima tahun di Barcelona, Eto'o kemudian bergabung ke Inter Milan pada 2009. Dia kembali menikmati raihan trofi Liga Champions, alias yang ketiga dalam kariernya. Kali ini, prestasi tersebut diraihnya di bawah asuhan Jose Mourino. 

Samuel Eto'o juga pernah menjalani karier yang singkat di Premier League bersama Chelsea dan Everton. Terakhir, dia berkiprah di Qatar FC. Eto'o tercatat berkiprah di 13 klub profesional sepanjang kariernya di kancah sepak bola. 

Sang striker tak hanya menikmati karier mengesankan di level klub. Samuel Eto'o juga menjadi bintang untuk Timnas Kamerun dan dianggap sebagai salah satu pemain terbaik Eropa sepanjang masa.  Setelah mencatat caps pertama untuk Timnas Kamerun sehari setelah ulang tahun ke-16, Eto'o menyumbangkan 56 gol dalam 118 penampilan untuk negaranya. 

Dia membantu Timnas Kamerun memenangi medali emas pada Olimpiade 2000 di Australia, serta menjuarai Piala Afrika pada tahun yang sama dan dua tahun berselang.  Eto'o terpilih sebagai Pemain Terbaik Eropa sebanyak empat kali. Dia memegang rekor yang sama dengan Yaya Toure.

Jika Samuel Eto'o terbilang sukses di Liga Champions bersama Barcelona dan Inter Milan, namun tidak dengan Ronaldo. Ronaldo justru belum pernah merasakan gelar Liga Champions bersama Inter Milan dan Real Madrid. Walaupun begitu, ia pernah membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia 1994 dan 2002.