VIDEO: Klub K League 1 Ganti Suporter Dengan Puluhan Boneka Demi Hindari COVID-19

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 19 Mei 2020, 19:35 WIB
Diperbarui 19 Mei 2020, 19:35 WIB

Bola.com, Korea Selatan SportBites kali ini akan membahas tentang berbagai cara yang dilakukan klub untuk menambah motivasi tim saat bertanding di masa pandemi virus COVID-19. Bundesliga dan K League 1, jadi dua liga ternama di dunia yang telah menggulirkan kompetisi di tengah pandemi seperti sekarang.

Lantaran masih dalam situasi pandemi, seluruh pertandingan di Bundesliga dan K League 1 digelar tanpa kehadiran penonton.

Saat siaran langsung, pengelola menyiapkan rekaman suara penonton agar suasana pertandingan lebih "hidup". Tribune-tribune stadion yang kosong, sebisa mungkin "diisi" agar tak terlihat melompong.

Seperti yang dilakukan klub Bundesliga, Borussia Moenchengladbach, yang memasangi tribune mereka dengan karton-karton figur manusia yang di-set layaknya penonton sungguhan.

Namun, cara yang dilakukan FC Seoul untuk memotivasi pemainnya, tak pantas ditiru. Klub peserta K League 1 ini menjadi sorotan setelah membuat kesalahan fatal. 

Pada Minggu (17/5/2020), saat FC Seoul menjamu Gwangju di Stadion Seoul World Cup, Seoul, perhatian pemirsa di rumah juga tertuju pada sosok "penonton" yang ada di tribune stadion.

Tentu bukan penonton sungguhan karena itu hanyalah maneken. Namun, sontak, maneken itu jadi bahasan lantaran maneken tersebut merupakan sex dolls alias boneka seks.

Para penonton yang mengetahui "keanehan" itu saat pertandingan, ramai-ramai bersuara di media sosial. 

Setelah ramai jadi pembahasan, pihak FC Seoul menyadari kesalahan mereka dan meminta maaf secara resmi kepada publik melalui akun Facebook maupun Instagram klub.

Berjalannya K League 1 tersebut juga memang hampir sama dengan Bundesliga, dimana tidak adanya penonton semasa pandemi COVID-19 untuk mengurangi penyebaran yang terus bertambah, selengkapnya hanya di SportBites.