MOTION GRAFIS: Starting XI Pemain Termahal Juventus Sepanjang Masa, Cristiano Ronaldo Teratas

Oleh Dody Iryawan pada 19 Mei 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 19 Mei 2020, 21:17 WIB

Bola.com, Jakarta - Raksasa Italia, Juventus kerap mendatangkan para pemain bintang berharga tinggi dari zaman dulu. Pada musim 2018-2019 Juventus kembali menggelontorkan banyak uang untuk memboyong Cristiano Ronaldo. Bersama La Vecchia Signora Ronaldo menjadi pilihan sebagai starting XI.

Sejak dulu Juventus kerap diisi oleh para pemain termahal dunia, begitu pula tim-tim lainnya. Sebelum kasus Calciopoli yang menimpa Serie A pada pertengahan 2000-an, banyak tim papan atas Serie A membeli pemain dengan harga yang fantastis.

Juventus misalnya pernah menebus Zidane dengan mahar 77,5 Juta Euro, termahal saat itu. Ada juga klub ibukota, Lazio yang pernah menebus Hernan Crespo dari Parma seharga 56,81 Juta Euro pada awal 2000-an.

Setelah era Calciopoli, banyak tim-tim Serie A masih berjuang dengan kesulitan ekonomi mereka termasuk Juventus. Namun, perlahan-lahan Juventus mulai bangkit dan kembali sering mendatangkan pemain termahal dunia.

Pemain termahal yang dibeli Juventus adalah mega bintang Cristiano Ronaldo yang ditebus dari Real Madrid seharga 117 Juta Euro pada tahun 2018. Legenda Real Madrid itu diikat Juventus dengan kontrak berdurasi empat musim dengan gaji 30 juta euro (Rp 504 miliar) per musim.

Cristiano Ronaldo merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Real Madrid. Pemain berusia 35 tahun berhasil mencetak 450 gol selama sembilan musim berseragam Los Merengues. Selama memperkuat Real Madrid, Ronaldo berhasil mempersembahkan 15 gelar prestisius, termasuk empat gelar Liga Champions.

Jika disusun menjadi starting XI, siapa saja pemain termahal yang pernah dibeli Juventus termasuk Cristiano Ronaldo?