Masihkah Layak Manuel Neuer Dicap sebagai Kiper Terbaik Jerman?

Oleh Gregah Nurikhsani pada 24 Mei 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 24 Mei 2020, 07:00 WIB
Kiper dengan Overall Rating Terbaik di PES 2019
2. Manuel Neuer (Bayern Munchen) - Overall 90 (AFP/Christof Stache)

Bola.com, Jakarta - Bayern Munchen resmi memperpanjang kontrak Manuel Neuer selama tiga musim ke depan. Tapi, apakah kiper Timnas Jerman itu masih bisa dianggap hebat?

Manuel Neuer menasbihkan dirinya sebagai satu di antara kiper terbaik di daratan Jerman. Itu ia buktikan setelah berhasil meraih delapan gelar Bundesliga beruntun bersama Bayern Munchen.

Di usia 34 tahun, Manuel Neuer juga telah mengangkat trofi Liga Champions pada 2012-2013 dan juga Piala Dunia 2014.

Jerman memiliki banyak sekali talenta kiper yang pantas menjadi yang utama. Marc-Andre ter Stegen misalnya, hanya satu di antaranya.

Akan tetapi, Manuel Neuer tetap menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Timnas Jerman dan Bayern Munchen. Menginjak usia yang tak lagi muda, manajemen klub tampaknya sudah mengukur sejauh apa eks Schalke itu bisa tampil apik.

Ya, Bayern Munchen sudah mengamankan Alexander Nubel per musim 2020-2021 mendatang dari Schalke. Ini adalah saat yang tepat untuk menanyakan, 'apakah Manuel Neuer masih bisa dianggap kiper elite?'.

 

2 dari 4 halaman

Faktanya, Neuer Masih Konsisten

Bayern Munchen Hajar Tottenham Hotspur 3-1
Penjaga gawang Bayern Munchen Manuel Neuer (tengah) bersama rekan-rekannya merayakan kemenangan mereka atas Tottenham Hotspur pada pertandingan Grup B Liga Champions di Munich, Jerman, Rabu (11/12/2019). Munchen mengalahkan Tottenham 3-1. (Odd ANDERSEN/AFP)

Minggu akhir pekan lalu, Bayern Munchen berhasil menang dua gol tanpa balas atas Union Berlin. Itu sekaligus menjadi catatan cleansheet ke-11 di Bundesliga musim ini buat Manuel Neuer.

Ini cukup menarik karena Neuer sempat mengalami cedera panjang musim ini.

3 dari 4 halaman

Tekanan dari Marc-Andre ter Stegen

Marc-Andre ter Stegen
Marc-Andre ter Stegen, kiper Barcelona. (AFP/Josep Lago)

Suka tidak suka, Marc-Andre ter Stegen terus berkembang menjadi kiper yang mengesankan dari waktu ke waktu. Agaknya, ia tahu betul masa Manuel Neuer tak akan lama lagi sebelum posisi kiper utama Jerman menjadi milik Ter Stegen.

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Jadwal Perempat Final Liga Champions, Cristiano Ronaldo Bisa Reuni dengan Real Madrid