VIDEO: Kepa Arrizabalaga dan 4 Kiper Termahal Dalam Sejarah Sepak Bola

Oleh Diatama Ibduansa pada 22 Mei 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 22 Mei 2020, 15:00 WIB

Bola.com, Jakarta Pembelian Kepa Arrizabalaga oleh Chelsea pada tahun 2018 menjadikan Kepa sebagai penjaga gawang termahal. The blues menebus Kepa dengan harga 80 juta euro (Rp1,2 triliun). Hanya butuh dua musim bagi Kepa sebagai kiper nomor satu Athletic Bilbao untuk menjadi penjaga gawang termahal di dunia. Hingga kini, keputusan Chelsea memboyongnya pada Agustus 2018 dengan harga begitu mahal, masih dipertanyakan mengingat kurangnya pengalamannya. Ketika itu, Kepa baru sekali bermain buat Timnas Spanyol. Dengan kepindahan Thibaut Courtois ke Real Madrid, Chelsea berani mengambil risiko. Sejak itu, kiper berusia 25 tahun ini membukukan 31 clean sheets dalam 87 pertandingan dan memenangi Liga Europa pada musim lalu.

Bursa transfer menjadi kesempatan sebuah klub mendatangkan pemain anyar. Tak jarang klub-klub itu siap menggelontorkan dana besar untuk merekrut pemain-pemain bintang, termasuk di posisi kiper. Sama seperti pemain di posisi lain, harga kiper juga mengalami lonjakan nilai jual yang terbilang fantastis. Biasanya, sebuah klub baru bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memboyong pemain yang berposisi penyerang, bukan kiper. 

Namun, tren itu mulai berubah. Klub tak segan merogoh kocek dalam-dalam agar bisa berhasil mengamankan jasa penjaga gawang incaran. Hal itu dilandasi pemahaman bahwa kiper juga punya peran penting bagi klub-klub meraih kesuksesan. Setiap klub membutuhkan kiper terbaik di barisan pertahanan mereka. Berikut lima nama penjaga gawang termahal dalam sejarah sepakbola, termasuk Kepa Arrizabalaga