MOTION GRAFIS: Starting XI Pemain Langganan Jurgen Klopp, Tidak Ada Mohamed Salah

Oleh Dody Iryawan pada 22 Mei 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 22 Mei 2020, 16:00 WIB

Bola.com, Jakarta - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, bisa dikatakan sedang berada dalam puncak kariernya. Dalam dua musim terakhir, Klopp mampu menjadikan the Reds sebagai klub tangguh, baik di kancah domestik maupun Eropa. Hal itu berkat racikannya dalam membentuk sebuah tim yang diisi pemain berbakat seperti Sadio Mane, Mohamed Salah hingga Trent Alexander-Arnold yang mana kerap menjadi starting XI.

Musim lalu, Klopp berhasil mengantarkan Liverpool menjadi kampiun Liga Champions. Tak hanya itu, the Reds juga berhasil finis di posisi kedua klasemen Premier League 2018-2019.

Sementara musim ini, Klopp berpeluang besar mengantarkan Liverpool menjadi juara Premier League untuk kali pertama sejak 1990. Skuad asuhannya kini berada di puncak klasemen dengan 82 poin.

Klopp sudah menghabiskan 19 tahun sebagai pelatih. Klub pertama yang ia latih ialah FSV Mainz 05 pada Februari 2001. Setelah tujuh musim bersama Mainz 05, Klopp hengkang ke klub Bundesliga lainnya, Borussia Dortmund.

Tak jauh berbeda dengan saat di Mainz 05, kebersamaan Klopp dengan Borussia Dortmund juga bertahan selama kurang lebih tujuh musim dan mencatatkan 180 kemenangan dan 65 imbang dari 310 kali laga.

Setelah itu, Klopp melanjutkan petualangannya sebagai pelatih ke klub Premier League, Liverpool, dan bertahan hingga sekarang. Bersama the Reds, Klopp sudah mendampingi dalam 254 laga dengan meraih 156 kali kemenangan dan 55 imbang.

Di sisi lain, selama menjadi pelatih, Jurgen Klopp pasti telah menangani banyak pemain dunia, terutama saat di Borussia Dortmund dan Liverpool.

Dari semua pemain yang dilatih Jurgen Klopp, berikut starting XI pemain yang sering diturunkan. Namun tidak ada Mohamed Salah di dalam formasi.