Sukses


VIDEO: Mauricio Pochettino, Massimiliano Allegri dan Deretan Pelatih Terkenal Tanpa Klub

Bola.com, Jakarta Jagat sepak bola tak hanya diramaikan dengan beragam aksi pemain. Kiprah pelatih atau yang di pentas sepak bola Inggris juga kerap disebut manajer, tak kalah menarik untuk dibahas.Hal itu karena pelatih memiliki andil besar atas kesuksesan sebuah tim. Bahkan, dari sentuhannya, prestasi sebuah tim ditentukan. Seorang pelatih adalah nakhoda sebuah tim.Banyak pelatih bertangan dingin, memilik sentuhan emas di panggung sepak bola dunia. Mereka mencatatkan banyak gelar bersama tim asuhan dan berbagai prestasi itu masuk buku sejarah.

Mauricio Pochettino misalnya. Ia merupakan pelatih muda dan potensial. Walaupun belum memberikan gelar berarti selama kariernya menjadi seorang pelatih, namun track recordnya saat menukangi Tottenham Hotspurs tidak bisa diremehkan. Membawa Tottenham menjadi finalis Liga Champions tahun 2019 dan bersaing ketat di papan atas Liga Inggris dengan pemain muda dalam timnya adalah kelebihannya. Ia juga sukses mendidik banyak pemain muda saat di Tottenham Hotspurs. Melatih Spurs sejak 2014, hubungannya harus kandas pada November 2019 lalu. Setelah dipecat dirinya menjadi incaran beberapa klub besar eropa seperti Manchester United, Arsenal hingga Real Madrid. Saat ini dirinya sangat kuat dikaitkan dengan klub papan tengah Premier League, Newcastle United.

Selain Pochettino, pelatih hebat lainnya yang masih menganggur ialah Massimiliano Allegri. Allegri mulai mencuri perhatian dunia saat melatih tim-tim elit eropa seperti AC Milan dan Juventus. Prestasinya juga tidak diragukan lagi. Total, ia sudah mengoleksi 13 gelar dosmestik. Lima diantaranya ialah gelar Serie A secara beruntun bersama Juventus. Allegri mengundurkan diri dari Juventus pada Juni 2019 lalu. Hingga saat ini belum ada klub yang meminang pelatih berusia 52 tahun ini. Namun demikian dikabarkan beberapa klub di Premier League tertarik untuk mendatangi pelatih berkebangsaan Italia tersebut.

Berikut 5 pelatih yang terkenal tanpa klub termasuk Mauricio Pochettino dan Massimiliano Allegri.

Video Populer

Foto Populer