MOTION GRAFIS: 10 Pelatih yang Sukses di Klub dan Tim Nasional, Diantaranya Vicente del Bosque Bersama Real Madrid dan Spanyol

Oleh Dody Iryawan pada 25 Mei 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 25 Mei 2020, 15:00 WIB

Bola.com, Jakarta - Banyak pelatih sepak bola papan memiliki latar belakang sebagai pemain profesional. Pengalaman bermain di level tertinggi klub dan sepak bola internasional diyakini sangat membantu mereka dalam mengelola tim sepak bola setelah gantung sepatu dari sepak bola aktif. Namun berbagai pengalaman tidak selalu membawa kesuksesan seperti yang dialami Vicente del Bosque. Sebagai pelatih Aa sukses saat mengangani Real Madrid dan Timnas Spanyol.

Suasana ruang ganti, perasaan di lapangan saat pertandingan-pertandingan besar, dan pengetahuan langsung sebagai seorang pemain sepak bola memberi mereka sedikit keunggulan.

Pep Guardiola dan Zinedine Zidane pernah meraih kesuksesan sebagai pemain dan pelatih. Keduanya telah memenangi Liga Champions sebagai pemain dan pelatih.

Sementara Diego Simeone dan Mauricio Pochenttino, menikmati karier yang gemilang sebagai pemain, meski tak pernah memenangi Liga Champions.

Beda lagi dengan Jurgen Klopp dan Jose Mourinho. Keduanya merupakan mantan pemain sepak bola di klub-klub gurem. Namun, sukses besar ketika meniti karier sebagai manajer.

Sebagai pelatih, mereka bisa dibilang berprestasi pada level klub. Sebagaian besar pelatih yang bisa dianggap muda tersebut blm memiliki kesempatan untuk menganani tim nasional. Meskipun bisa dipercaya menjadi pelatih timnas belum tentu mereka dapat meraih kesuksesan yang sama saat menangani klub.

Namun ada pula pelatih-pelatih senior yang mampu menjawabnya. Sebagai cotoh Vicente del Bosque. Ia sukses memberikan banyak trofi bagi Real Madrid serta membawa Timnas Spanyol juara Piala Dunia dan Euro. Lalu selain Vicente del Bosque, siapa saja pemain yang berprestasi di klub dan timnas?