MOTION GRAFIS: 10 Pemain Paling Loyal Saat Ini, Diantaranya Lionel Messi Bersama Barcelona

Oleh Dody Iryawan pada 26 Mei 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 26 Mei 2020, 10:00 WIB

Bola.com, Jakarta - Barcelona sudah menjelma menjadi salah satu klub paling sukses di dunia. Pemain bintang datang dan pergi di klub yang didirikan pada 1899 ini. Namun banyak pula pemain yang loyal membela Blaugrana. Salah satunya adalah sang mega bintang, Lionel Messi.

Selain Messi, pemain bintang yang pernah membela Barcelona antara lain Patrick Kluivert, Johan Cruyff Ronaldo, Diego Maradona, Ronaldinho, Carles Puyol, dan Xavi Hernandez. Bukan hanya itu, Barcelona semakin beruntung karena ada beberapa bintang yang loyal kepada klub.

Namun tidak dapat dipungkiri uang dapat membuat pemain berpindah haluan. Pada bursa transfer musim panas 2017, Barcelona kehilangan salah satu pemain bintangnya. Neymar memutuskan hijrah ke Paris Saint-Germain (PSG) dengan mahar 222 juta euro.

Setahun sebelumnya, Manchester United menjadikan Paul Pogba sebagai pemain termahal. Pogba dibeli dari Juventus dengan harga 89 juta pound sterling. Bahkan Ronaldo yang telah bertahun-tahun membela Real Madrid akhirnya berpindah ke Juventus.

Geliat transfer yang gila-gilaan ini membuat Messi percaya bahwa uang bisa membeli sebuah prestasi. Bahkan, pemain asal Argentina ini menilai sepak bola telah kehilangan rasa cinta yang telah luntur karena uang.

Namun tidak semua pemain dapat dibeli dengan uang. Kecintaan kepada klub serta bersedianya klub selalu memperpanjang kontrak para pemain menjadikan salah satu faktor. Selain penampilan yang konsisten juga menjadi kunci pemain tetap dipertahankan. Lalu selain Lionel Messi sersama Barcelona, siapa saja pemain yang loyal kepada klub yang menaungi mereka?