MOTION GRAFIS: Starting XI Pemain Andalan Jose Mourinho, Cristiano Ronaldo Salah Satunya

Oleh Dody Iryawan pada 04 Jun 2020, 14:30 WIB
Diperbarui 04 Jun 2020, 14:30 WIB

Bola.com, Jakarta - Jose Mourinho menjelma menjadi salah satu pelatih yang patut diperhitungkan setelah membawa Porto juara Liga Champions musim 2003-2004. Sejak menjadi pelatih, berbagai klub besar dan pemain bintang telah Ia tangani. Salah satunya adalah Cristiano Ronaldo bersama Real Madrid yang menjadi pilihan utama Starting XI di berbagai ajang yang dijalani.

Awalnya Mourinho menjejakkan kaki di dunia kepelatihan pada musim 1996-1197. Saat itu Ia menjadi asisten pelatih Barcelona di bawah naungan Sir Bobby Robson. Semusim berselang, Sir Bobby digantikan oleh Louis van Gaal dan Mourinho tetap dipercaya menjadi asisten pelatih hingga 3 musim.

Pada tahun 2000, Benfica mempercayai Mourinho untuk menangani skuadnya. Namun sayang Ia menangani Benfica hanya 10 laga. Sempat menganggur beberapa bulan klub asal Portugal lainnya, Leiria, membutuhkan tenanga Mou untuk menangani skuadnya.

Berselang 8 bulan menangani Leiria, Porto tertarik dengan Mourinho. Pada ursa transfer musim dingin pada Januari 2002, Mourinho resmi menjadi pelatih Porto dan memberikan gelar Liga Champions musim berikutnya.

Dengan kesuksesan Bersama Porto, banyak klub yang menginginkan jasanya. Pada musim 2004-2005 Chelsea yang baru saja menjelma menjadi klub kaya mengontrak Mourinho dan berbagai prestasi Ia persembahkan bagi klub asal London tersebut.

Tiga musim di London, Inter Milan tertarik dengan jasanya. Bersama I Nerazzuri, Mourinho persembahkan 2 trofi Liga dan masing-masing 1 Trofi Coppa dan Supercup Italia. Ia juga meraih juara Liga Champions keduanya bersama Inter Milan pada musim 2009-2010.

Setelah itu Mourinho berpindah ke Spanyol untuk mengangani Real Madrid. Namun raihannya bersama Los Galacticos dalam 3 musim tidak bengitu memuaskan hanya dengan meraih masing-masing 1 gelar Liga Spanyol, Copa Del Rey dan Supercup.

Setelahnya Ia kembali ke Chelsea dan memenangkan trofi Premier League ketiganya bersama The Blues. Dan 2 tahun berselang Mou mengangani Manchester United dan mempersembahkan trofi Supercup, Piala Lida dan Liga Europa sebelum dipecat dan Ia kini mengangani Tottenham Hotspur setelah rehat hampir satu tahun lamanya.

Selama Ia menangani bernagai macam klub, banyak pemain yang menjadi andalannya. Bahkan beberapa pemain Ia tarik di klub barunya. Jika disatukan menjadi Starting XI, berikut pemain andalan Jose Mourinho, termasuk Cristiano Ronaldo.