4 Fakta Striker Timnas Korea Selatan Hwang Hee-chan, Bersinar di Salzburg tapi Pernah Dikalahkan Evan Dimas

Oleh Hendry WibowoFaozan Tri Nugroho pada 05 Jun 2020, 15:15 WIB
Diperbarui 05 Jun 2020, 18:38 WIB
Virgil Van Dijk, Hwang Hee-chan
Striker RB Salzburg, Hwang Hee-chan, mendribel melewati pemain Liverpool, Virgil van Dijk, pada laga Liga Champions, di Stadion Anfield, Kamis (3/10/2019) dini hari WIB. (AFP/Paul Ellis)

Bola.com, Jakarta - Semakin banyak saja pemain Korea Selatan bersinar di kompetisi sepak bola Eropa. Nama striker FC Red Bull Salzburg, Hwang Hee-chan salah satunya.

Kariernya kini di tim Liga Austria tersebut sedang dipantau banyak tim papan atas Eropa. Beberapa tim asal Premier League Inggris bahkan sudah menyatakan niat tertarik kepadanya.

Nama Hwang Hee-chan sendiri sempat menarik perhatian utamanya pada Liga Champions kontra juara bertahan, Liverpool, 3 Oktober 2019 lalu.

Liverpool nyaris membuang sia-sia keunggulan tiga gol mereka. Red Bull Salzburg sempat menyamakan kedudukan menjadi 3-3 sebelum Mohamed Salah mengunci kemenangan The Reds dengan skor 4-3.

Hwang Hee-chan tampil menawan dengan koleksi satu gol dan satu assist pada pertandingan tersebut. Pemain berpaspor Korea Selatan itu membuat lini pertahanan Liverpool kewalahan.

Dia bahkan sampai membuat Virgil van Dijk seperti patah pinggang menjaga sang pemain. Sesuatu yang jarang terjadi dalam beberapa pertandingan terakhir Liverpool.

Berikut 4 fakta lain mengenai sosok Hwang Hee-chan yang dikumpulkan Bola.com.

2 dari 6 halaman

1. Pernah Kalah Bersinar dari Evan Dimas

Singapura Vs Timnas Indonesia
Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, menggiring bola saat melawan Singapura pada laga Piala AFF 2018 di Stadion Nasional, Singapura, Jumat (9/11). Singapura menang 1-0 atas Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Hwang Hee-chan pernah kalah produktif dari Evan Dimas saat kedua pemain bertemu pada babak kualifikasi Piala Asia U-19 tahun 2014. Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Indonesia berhasil mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-2.

Pertandingan tersebut akan selalu dikenang oleh publik Indonesia. Evan Dimas berhasil menorehkan hat-trick. Sementara Hwang Hee-chan tidak bisa mencetak satu gol pun ke gawang Ravi Murdianto.

3 dari 6 halaman

2. Emas Asian Games 2018

Hwang Hee-chan (Timnas Korea Selatan U-23)
Penyerang Timnas Korea Selatan U-23, Hwang Hee-chan, saat tiba di Bandara Incheon dari Jakarta, Senin (3/9/2018). (Bola.com/Dok. KFA)

Hwang Hee-chan menjadi salah satu pemain Timnas Korea Selatan yang berhasil meraih medali emas Asian Games 2018 di Jakarta. Pada partai puncak Timnas Korea Selatan berhasil mengalahkan Timnas Jepang dengan skor 2-1.

Raihan emas Asian Games 2018 membawa berkah bagi Hwang Hee-chan. Ia mendapat kompensasi untuk tidak mengikuti wajib militer.

4 dari 6 halaman

3. Pada 2015 Menjejakkan Kaki di Eropa

Hwang Hee-Chan
Striker tim nasional Korea Selatan, Hwang Hee-chan. (AFP/Vladimir Simicek)

Hwang Hee-chan pertama kali menjejakkan kaki di Eropa pada 2015. Ia bergabung dengan FC Liefering, Klub liga 2 Austria.

Satu tahun kemudian ia ditebus oleh RB Salzburg dengan nominal Rp6,2 miliar. Ia juga pernah dipinjam RB Salzburg ke klub Jerman, Hamburger SV pada 2018 selama satu musim.

5 dari 6 halaman

4. Masuk Skuat Piala Dunia 2018

Red Bull Salzburg, Lazio Liga Europa
Duel pemain Lazio, Luiz Felipe (kiri) dan pemain Salzburg, Hee-Chan Hwang pada leg kedua Liga Europa di Red Bull Arena, Austria, (12/4/2018). Salzburg lolos ke semifinal dengan agregat gol 6-5. (AP/Kerstin Joensson)

Hwang Hee-chan memperkuat Timnas Korea Selatan pada gelaran Piala Dunia 2018. Pemain berusia 23 tahun tampil saat berjumpa Jerman.

Pada pertandingan itu, Korea Selatan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-0. Hasil tersebut membuat Jerman tidak lolos ke 16 besar.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓
Jadwal Lengkap Siaran Langsung Babak 16 Besar Liga Champions di SCTV dan Vidio