VIDEO : Termasuk Robin van Persie, Berikut 4 Mantan Bintang Arsenal yang Makin Sukses Usai Hengkang

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 10 Jun 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 10 Jun 2020, 08:00 WIB

Bola.com, Jakarta Arsenal pernah meraih kesuksesan besar bersama Arsene Wenger. Saat itu The Gunners meraih The Invincibles setelah tidak terkalahkan sepanjang musim. Namun Van Persie merupakan salah satu pemain yang terbilang menjadi legenda.

Sayang, kini kejayaan itu hanya seputar cerita saja, dan entah kapan bisa terulang lagi. Prestasi The Gunners selama beberapa tahun terakhir ini sangat tidak mengesankan.

Kali terakhir Arsenal mencicipi gelar Premier pada musim 2003/2004. Itu berarti sudah 16 tahun tim Meriam London puasa gelar liga. The Gunners juga menjadi satu-satu tim Big Four Premier League, yang belum menjuarai Liga Champions.

Prestasi terbaik Arsenal di kompetisi paling elite Eropa itu adalah menembus final pada musim 2005/2005. Langkah mereka meraih Si Kuping Besar dikandaskan Barcelona.

Kegagalan-kegagalan dalam memenangkan trofi prestisius membuat Arsenal terpaksa merelakan beberapa pemain bintang pergi. Para pemain bintang tersebut hengkang dengan alasan ingin memenangkan trofi yang tidak bisa diraih di tim London Utara itu.

Setelah kepergian Thierry Henry, Arsenal sempat kehilangan sosok juru gedor utama. Pemain seperti Emmanuel Adebayor, Nikolas Bendtner, dan Marouane Chamakh, gagal menggantikan pemain berpaspor Prancis itu.

Masalah Arsenal teratasi dengan kedatangan Robin Van Persie. Awalnya ia memiliki masalah dengan cedera, namun ketika pulih menjelma menjadi striker haus gol.

Musim 2010/2011 Van Persie tampil sebagai top scorer klub dengan 37 gol dari 48 pertandingan. Tapi raihan impresif itu tak dibarengi dengan gelar juara Premier League maupun Liga Champions yang singgah ke Emirates Stadium.

Van Persie akhirnya menerima pinangan Manchester United dan meninggalkan Arsenal pada musim 2011/2012. Ia tampil sebagai juru gedor utama yang mengunci gelar Premier League. itu merupakan gelar yang sangat Van Persie idam-idamkan.