Stadion Final Liga Champions Sejak 2009, Mana yang Paling Berkesan?

Oleh Gregah Nurikhsani pada 12 Jun 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 12 Jun 2020, 12:00 WIB
Stadion Liga Champions
Stadion Liga Champions (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Satu di antara hal paling fundamental dari sepak bola adalah stadion. Di sebuah turnamen sekelas Liga Champions, menjadi tuan rumah pada partai final merupakan kebanggan dan sesuatu yang berkesan.

Pada Liga Champions 2019-2020, stadion yang digunakan adalah Ataturk Stadium, Istanbul Turki. Buat penggemar Liverpool, tentu tempat ini merupakan satu di antara venue yang tak akan bisa dilupakan, sebab pada 2005, Steven Gerarrd dkk. mampu melahirkan salah satu final terbaik sepanjang masa.

Namun demikian, karena pandemi virus corona COVID-19 yang melanda dunia, kemungkinan venue final Liga Champions tahun ini dipindah. Beberapa lokasi menjadi opsi, mulai dari Berlin hingga Madrid.

Pihak Istanbul secara tegas menyatakan kesiapannya menggelar final Liga Champions 2019-2020. UEFA sebagai induk sepak bola Eropa belum memberikan komentar terkait isu pemindahan venue dari Ataturk Stadium ke tempat lain.

Menjadi tuan rumah ajang sekelas Liga Champions memang sesuatu yang membanggakan. Drama, cerita, tangis sedih dan bahagia tumpah ruah di atas lapangan. Bola.com merangkum venue final turnamen antarklub Eropa tertinggi sejak 2009. Mana yang paling berkesan?

2 dari 5 halaman

Final Liga Champions 2009 hingga 2012

Stadio Olimpico
Salah satu venue Piala Eropa 2020, Stadio Olimpico. (Istimewa)

Stadio Olimpico merupakan salah satu stadion termegah di Italia. Dua klub Serie A, yakni AS Roma dan Lazio bermarkas di stadion yang berkapasitas lebih dari 60.000 tempat duduk itu.

Pada final Liga Champions 2009, laga antara Barcelona melawan Manchester United tersaji. Barcelona memenangi laga dengan skor 2-0.

Setahun berselang, giliran Santiago Bernabeu yang jadi panggung final Liga Champions. Tim Italia, Inter Milan, yang kala itu dilatih Jose Mourinho, sanggup menuntaskan raihan treble winner dengan mengalahkan Bayern Munchen 2-0.

Final ulangan Barcelona vs Manchester United terjadi pada 2011. Digelar di Wembley Stadium, Setan Merah kembali bertekuk lutut dengan skor 1-3.

Bayern Munchen juga kembali lolos ke final Liga Champions 2011-2012. The Bavarian bahkan menjadi 'tuan rumah' karena laga digelar di Allianz Stadium. Sayang, Chelsea yang jadi lawannya sukses menang dramatis lewat adu penalti.

 

3 dari 5 halaman

Final Liga Champions 2013 hingga 2016

Stadion Wembley - Gambar
Stadion Wembley. (dok. FA)

Selama kurun waktu empat tahun, tepatnya 2013 hingga 2016, terjadi tiga kali final Liga Champions yang mempertemukan dua tim dari satu negara.

Inggris dengan Wembley Stadium-nya menjadi tuan rumah final Liga Champions 2013 antara duo Jerman, Bayern Munchen vs Borussia Dortmund. Laga dimenangi oleh Munchen dengan skor 2-1.

Setahun kemudian, ganti Estadio da Luz, Portugal, yang menggelar all Spanish final tatkala Real Madrid berjumpa rival sekota, Atletico Madrid. Los Blancos menang 4-1 pada laga tersebut.

Stadion penuh sejarah, Olympiastadion, Berlin, Jerman, menjadi saksi bisu keberhasilan Barcelona menggagahi Juventus dengan skor 3-1. Raihan Barca sekaligus memukul Real Madrid yang memenangi Liga Champions semusim sebelumnya.

Namun, pada final Liga Champions 2016, Real Madrid kembali sanggup meraih juara usai mengalahkan Atletico Madrid lagi. Stadion San Siro, Milan, Italia, bergemuruh menyambut trofi Si Kuping Besar.

 

4 dari 5 halaman

Final Liga Champions 2017 hingga 2019

Laporan dari Madrid Spanyol
Suasana Stadion Wanda Metropolitano saat Atletico Madrid menjamu Real Madrid, Minggu (29/9/2019) dini hari WIB. (Bola.com / Nurfahmi Budiarto)

Tiga musim belakangan, Liverpool tengah naik daun. Itu dibuktikan dengan dua kali anak asuh Jurgen Klopp itu lolos ke partai puncak, sama dengan Real Madrid.

Partai klasik antara Real Madrid kontra Juventus di Millenium Cardiff, Wales, berakhir di luar dugaan. Alih-alih berlangsung ketat, El Real justru menang telak 4-1.

Real Madrid sukses meraih hattrick juara Champions sekaligus menggenapkan koleksi 13 trofinya usai mengalahkan Liverpool 3-1. NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, Ukraina, menjadi saksi bisu sukses Sergio Ramos dkk. mengangkat piala.

Liverpool akhirnya bisa keluar sebagai yang terbaik pada Final Liga Champions 2019. Menariknya, Kota Madrid menjadi lokasi keberhasilan The Reds menumpas Tottenham Hotspur dengan skor 2-0 di Estadio Wanda Metropolitano.

5 dari 5 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Jadwal Lengkap Siaran Langsung Babak 16 Besar Liga Champions di SCTV dan Vidio