Sukses


Liga Champions dan Liga Europa Resmi Dilanjutkan Agustus 2020, Pakai Venue Netral

Bola.com, Jakarta - UEFA resmi mengumumkan perhelatan Liga Champions dan Liga Europa musim 2019-2020 akan kembali bergulir pada Agustus 2020. 

Liga Champions dan Liga Europa 2019-2020 sudah memasuki babak 16 besar. Namun, ketika memasuki leg kedua, kompetisi harus dihentikan sementara akibat pandemi virus corona.

Tiga bulan berlalu, kondisi pandemi virus corona di Eropa sudah berangsur membaik. Alhasil sejumlah liga domestik Eropa sudah dilanjutkan kembali, sehingga ada wacana Liga Champions dan Liga Europa juga akan diteruskan lagi.

Berdasarkan rilis resmi UEFA, Rabu (17/6/2020), Liga Champions akan dilanjutkan pada 7 Agustus 2020. Ada perubahan ketentuan mengenai venue lanjutan Liga Champions.

Yang pertama, sejak babak perempat final akan digelar dalam satu leg saja. Pertandingan akan digelar di venue netral, yaitu di Portugal.

Nantinya perempat final sampai final akan digelar di Lisbon. UEFA menyiapkan empat stadion untuk pertandingan tersebut, yaitu stadion milik Benfica, Estadio Do Sport Lisboa dan stadion milik Sporting Lisbon, Estadio Jose Alvalade.

Sementara untuk empat pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions yang tersisa belum diputuskan apakah akan digelar di tempat netral atau menggunakan venue yang seharusnya. Namun jika menggunakan venue netral, UEFA menyiapkan Estadio Do Dragao (FC Porto) dan Estadio Alfonso Henriques de Guimaraes sebagai venuenya.

 

2 dari 4 halaman

Jadwal dan Ketentuan Liga Europa

Sama seperti Liga Champions, Liga Europa juga akan dilanjutkan pada Agustus 2020. Tepatnya lanjutan babak 16 besar akan dimulai pada 5 Agustus 2020.

Mulai babak perempat final, Liga Europa tidak lagi menerapkan sistem dua leg, melainkan satu laga saja. Mulai perempat final, pertandingan akan dipusatkan di Jerman.

Empat kota disiapkan untuk menjadi venue lanjutan Liga Europa, yaitu Cologne, Duisburg, Dusseldorf dan Gelsenkrichen. Sementara laga final akan digelar di Cologne.

Sementara untuk leg kedua babak 16 besar Liga Europa, masih menunggu perundingan antara klub-klub peserta dengan UEFA, apakh tetap dilangsungkan di tempat yang semestinya atau menggunakan stadion netral.

 

3 dari 4 halaman

Jadwal lanjutan Liga Champions

7-8 Agustus: Babak 16 Besar (Venue masih menunggu konfirmasi)

12-15 Agustus: Perempat Final (Lisbon)

18-19 Agustus: Semi Final (Lisbon)

23 Agustus : Final (Lisbon) 

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Lanjutan Liga Europa

5-6 Agustus: Babak 16 Besar (venue masih menunggu konfirmasi)

10-11 Agustus: Perempat Final (Cologne, Duisburg, Dusseldorf, Gelsenkrichen)

16-17 Agustus: Semi FInal (Venue masih menunggu konfirmasi)

21 Agustus: Final (Cologne)

Sumber: UEFA

Disadur dari: Bola.net (Penulis Serafin Unus Pasi, published: 17/6/2020)

Video Populer

Foto Populer