Sukses


Andriy Shevchenko Ungkap Pengaruh Anceloti dan Mourinho dalam Kariernya sebagai Pelatih

Bola.com, Jakarta - Mantan bomber AC Milan, Andriy Shevchenko menyebut Carlo Ancelotti dan Jose Mourinho sebagai sosok yang menginspirasi. 

"Sungguh luar biasa melihat banyak rekan satu tim saya yang menjadi pelatih. Saya pikir semua orang yang bekerja di bawah Carlo mengambil sesuatu darinya," kata Shevchenko kepada The Athletic.

Shevchenko yang kini menangani Timnas Ukraina menyebut, Ancelotti mewariskan banyak ilmu bagi anak asuhannya dulu.

Gennaro Gattuso baru saja mengantarkan Napoli juara Coppa Italia, lalu Cristian Brocchi membawa Monza ke Serie B, dan Filippo Inzaghi bakal mengembalikan Benevento ke kasta tertinggi.

“Ini memberi tahu Anda bahwa ada lebih banyak pemain hebat di angkatan kami. Kami juga memiliki orang-orang pintar," ucapnya.

Sheva juga berbicara mengenai eks pelatihnya di Chelsea, Jose Mourinho. Ia hanya satu musim penuh di bawah asuhan Mourinho.

“Saya belajar banyak hal dari Mourinho. Cara dia mengelola tim sangat menarik," katanya.

“Jose selalu menemukan sesuatu dari ketiadaan. Ini mentalitasnya. Kamu harus selalu percaya. Anda bisa membalikkan permainan di detik terakhir."

“Ada banyak contoh pertandingan besar yang mengejutkan pada menit akhir, seperti Manchester United melawan Bayern Munchen pada 1999. Hanya butuh dua menit," kata Andriy Shevchenko.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Mentalitas

Menurut Andriy Shevchenko, mental seperti itulah yang membuat sebuah tim istimewa.

“Tim-tim hebat memiliki mentalitas ini. Ketika Anda melatih para pemain top, mereka harus percaya bahwa permainan bisa turun hingga 10 detik terakhir.

"Ini adalah keindahan sepak bola, tetapi Anda harus membangun mental yang tepat."

Andriy Shevchenko mengantarkan Ukraina ke putaran final Piala Eropa 2020 (digelar pada 2021). Shevchenko bekerja di Timnas Ukraina sejak Februari 2016 dengan menjadi asisten Mykhaylo Fomenko.

Fomenko mundur pada pertengahan Juli. Shevchenko pun berhasil mengangkat performa tim dan lolos ke Piala Eropa.

 

Sumber: The Athletic

Video Populer

Foto Populer