Sukses


5 Kiper Terbaik di Eropa, Terbanyak dari La Liga

Bola.com, Jakarta - Kompetisi seluruh Eropa sudah memasuki pekan-pekan menentukan. Sepanjang musim kompetisi sepak bola di Benua Biru terasa sangat kompetitif berkat penampilan seluruh pemain, termasuk kiper.

Posisi kiper amat menentukan dalam permainan sepak bola. Mereka adalah orang terakhir yang berperan untuk menjaga gawang dari serangan-serangan lawan.

Hal inilah yang membuat peran kiper sangat krusial. Tanpa kiper yang bagus dan didukung lini pertahanan tangguh, mustahil bagi klub untuk meraih gelar.

Maka dari itu, klub berlomba untuk mencari atau membeli kiper dengan talenta terbaik. Belakangan, harga kiper pun melambung tinggi karena memang kandidat yang ada memiliki kualitas jempolan.

Squawka mencatatkan ada 10 kiper yang mampu memberikan penampilan terbaik di kompetisi Eropa. Namun, Bola.com hanya fokus pada lima nama yang menghuni daftar teratas.

Indikator kiper terbaik di Eropa sejauh ini adalah penampilan di lapangan, jumlah clean sheets, dan juga persentase penyelamatan yang dilakukan. Lantas, siapa saja lima kiper di kompetisi sepak bola Eropa yang layak mendapatkan label terbaik?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Manuel Neuer (Bayern Munchen)

Pada usia yang sudah tak muda yakni 34 tahun, Manuel Neuer masih mampu menunjukkan penampilan gemilang. Neuer menjadi tembok kukuh di Bayern Munchen.

Kiper asal Jerman musim ini telah tampil sebanyak 32 kali. Neuer berhasil mencatatkan 14 kali clean sheets dan kebobolan 31 kali.

Berkat penampilan gemilangnya, Bayern Munchen saat ini sudah di ambang juara Bundesliga 2019-2020. Wajar bila Neuer layak dilabeli sebagai pahlawan karena penampilan gemilangnya di bawah mistar Die Roten.

3 dari 6 halaman

Marc-Andre ter Stegen (Barcelona)

Marc-Andre ter Stegen memiliki peran penting di Barcelona musim ini. Kiper asal Jerman mampu memberikan penampilan gemilang berupa penyelamatan-penyelamatan yang menghindari Barcelona dari kekalahan.

Ter Stegen telah tampil sebanyak 29 kali di La Liga 2019-2020. Kiper berusia 28 tahun itu sukses meraih 12 clean sheets dan baru kebobolan 28 kali.

Penampilan apik Ter Stegen sejalan dengan performa Barcelona. Saat ini, klub berjulukan Los Cules itu berada di papan atas klasemen dan bersaing ketat dengan Real Madrid dalam berburu gelar La Liga.

4 dari 6 halaman

Thibaut Courtois (Real Madrid)

Penampilan Thibaut Courtois di Real Madrid semakin membaik. Setelah beradaptasi selama semusim, kiper asal Belgia itu kembali menemukan performa terbaiknya di bawah mistar gawang.

Courtois saat ini menjadi pilihan utama Real Madrid. Kiper berusia 28 tahun tercatat baru kebobolan 18 kali dan berhasil mempersembahkan 13 kali clean sheets.

Jumlah itu menjadikan Courtois sebagai kiper kedua di La Liga dengan catatan clean sheets yang banyak. Persentase penyelamatan eks kiper Chelsea itu juga mencapai 75 persen.

5 dari 6 halaman

Alisson Becker (Liverpool)

Alisson Becker merupakan kiper tangguh yang dimiliki Liverpool. Musim ini, Alisson memberikan penampilan gemilang di bawah mistar gawang.

Ketangguhan Alisson berdampak langsung pada performa Liverpool. Saat ini, The Reds berada di puncak klasemen sementara Premier League dan selangkah lagi menyegel gelar musim 2019-2020.

Musim ini, Alisson berhasil mencatatkan 13 clean sheets dan baru kebobolan sebanyak 11 kali. Kiper asal Brasil mencatatkan persentase penyelamatan mencapai 80,36 persen.

6 dari 6 halaman

Jan Oblak (Atletico Madrid)

Penampilan apik Jan Oblak bersama Atletico Madrid layak menempatkannya sebagai kiper terbaik di Eropa saat ini. Musim ini, kiper asal Slovenia itu telat mencatatkan 12 clean sheets buat Atletico Madrid dan baru kebobolan 21 kali.

Jan Oblak baru saja mencatatkan pencapaian 100 clean sheet di La Liga. Jumlah itu dicatatkannya dalam 182 penampilan di La Liga.

Kiper berusia 27 tahun itu berhasil menjadi tembok kukuh di Atletico Madrid. Berkat penampilan apik Jan Oblak, Atletico saat ini menghuni peringkat ketiga klasemen sementara La Liga 2019-2020.

Sumber: Squawka

Video Populer

Foto Populer