Gasperini: Saking Hebatnya, Atalanta Tidak Butuh Pelatih!

Oleh Gregah Nurikhsani pada 25 Jun 2020, 13:30 WIB
Diperbarui 25 Jun 2020, 13:30 WIB
Atalanta Permalukan Valencia 4-1
Para pemain Atalanta merayakan kemenangan atas Valencia usai pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions di stadion San Siro di Milan, Italia, Rabu, (19/2/2020). Atalanta menang telak atas Valencia 4-1. (AP Photo/Luca Bruno)

Bola.com, Jakarta - Gian Piero Gasperini memuji anak asuhnya setinggi langit pasca kemenangan atas Lazio dalam lanjutan Serie A 2019-2020, Kamis (25/6/2020) dini hari WIB. Pelatih Atalanta itu sampai merasa kalau para pemainnya tidak membutuhkannya.

"Saya merasa kalau Atalanta tak butuh pelatih lagi! Kepercayaan diri para pemain tak pernah goyang, mereka tahu apa yang harus dilakukan dalam keadaan tertentu," kata Gasperini usai laga.

Atalanta berhasil meraih kemenangan dramatis 3-2 di kandang Lazio. Padahal, Papu Gomez dkk. sempat tertinggal 0-2 terlebih dahulu.

La Dea, julukan Atalanta, juga menjadi klub dengan torehan gol terbanyak musim ini. Hingga pekan 27, mereka telah mengoleksi 77 gol.

Gasperini mengaku masih sulit menemukan formula yang pas agar anak asuhnya bisa langsung tancap gas sejak menit awal. Akan tetapi, ia tak mau banyak komplain.

"Kami biasanya memulai laga dengan lamban, sering terjadi dan sulit buat kami menemukan solusinya. Buktinya kami dipaksa bertahan dan kecolongan dua gol lebih dulu," kata Gasperini lagi.

"Tadi sulit sekali, tertingga dua gol, saat kami mulai bermain terbuka. Tapi ya itu, anak-anak bisa menemukan ritmenya, keseimbangan, memindahkan Rafael Toloi dan Jose Luis Palomino sehingga Papu Gomez bisa jadi striker alternatif."

"Papu itu pemain yang universal, bisa jadi apa saja di lapangan dan memberikan dampak nyata. Kami sekarang berharap Josip Ilicic bisa segera pulih sempurna dan membantu Atalanta," ujar Gasperini menambahkan.

 

2 dari 3 halaman

Performa di Liga Champions

Josip Ilicic Cetak Quattrick, Atalanta Tembus Perempat Final Liga Champions
Gelandang Valencia, Geoffrey Kondogbia membawa bola dari kawalan pemain Atalanta, Marten de Roon pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Mestalla, Spanyol (10/3/2020). Atalanta menang 4-3 atas Valencia dan lolos ke perempat final Liga Champions. (UEFA via AP)

Satu hal menarik mengenai Atalanta, mereka juga masih bertahan di Liga Champions. Sempat terseok-seok di babak grup, kolektivitas tim serta kejeniusan Gian Piero Gasperini menjadi kunci keberhasilan tim peringkat empat Serie A itu melaju hingga perempat final.

Terakhir, Luis Muriel dkk. mengandaskan asa Valencia untuk terus bersaing di Liga Champions. Padahal, ini adalah kali pertama buat Atalanta berlaga di kompetisi antarklub tertinggi di Eropa tersebut.

Sumber: Football Italia

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Jejak Karier Andrea Pirlo di Juventus