9 Pesepak Bola Internasional yang Punya Nama Lucu di Telinga Orang Indonesia: Mulai dari Janda, Duda, hingga Sandal

Oleh Thomas pada 03 Jul 2020, 05:50 WIB
Diperbarui 03 Jul 2020, 05:50 WIB
Ilustrasi Bola
Sejumlah pertandingan seru di atas dapat Anda saksikan di stasiun televisi.

Jakarta - Perbedaan bahasa dapat membuat nama seseorang menjadi aneh dan lucu di telinga orang lain. Di dunia sepak bola, ada beberapa pemain yang namanya akan membuat orang Indonesia tertawa terbahak-bahak jika mendengarnya.

Cukup banyak nama pemain bola yang memiliki nama unik dan lucu bagi orang Indonesia. Salah satunya sudah bermain di Shopee Liga 1 yakni gelandang tangguh Konate Makan.

Liverpool juga punya yakni Mohammed Salah. Nama Mohammed Salah sering jadi bahan meme warganet Indonesia.

Liputan6.com memilih 9 pesepak bola yang punya nama paling unik dan lucu lainnya. Mau tahu siapa saja pemain yang punya nama aneh di telinga orang Indonesia? Simak di halaman berikutnya:

2 dari 11 halaman

Lenny Nangis

Lenny Nangis
Lenny Nangis (google)

Lenny Nangis merupakan pesepakbola asal Prancis. Namun karena gagal menembus timnas Prancis, Nangis kini memilih memperkuat timnas Guadeloupe. Dia melakukan debut tahun 2018.

Seandainya Nangis melanjutkan karier di Indonesia, namanya akan jadi bahan ejekan suporter lawan. Di Indonesia, nangis identik sebagai kalimat untuk menggambarkan kesedihan.

3 dari 11 halaman

Erik Sandal

Erik Sandal
Erik Sandal

Di Indonesia, Sandal merupakan sebutan untuk alas kaki. Namun di Norwegia ada pesepakbola yang memakai nama Erik Sandal.

Pemain kelahiran 28 April 1983 itu berposisi sebagai gelandang. Sandal sedang tidak memiliki klub di tahun 2020 ini.

4 dari 11 halaman

Andres Oper

Andres Oper
Andres Oper (Sky Sports)

Apa jadinya bila Andres Oper bermain di Indonesia. Pria Estonia ini tentu akan binggung saat sedang berlatih dan bertanding karena namanya akan sering disebut-sebut oleh rekan setim. Oper menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti memindahkan atau mengirim.

Pria 37 tahun itu kini sudah pensiun. Oper termasuk salah satu pesepakbola legendaris Estonia. Dia mencetak 38 gol dari 134 laga.

Sepanjang kariernya, Oper lebih banyak bermain di Liga Belanda. Dia pernah memperkuat Roda JC dan ADO Den Haag. Saat masih berusia 21 tahun, Oper sempat diincar Arsenal.

5 dari 11 halaman

Mardi Anak Bujang

Profil Mardi Anak Bujang
Profil Mardi Anak Bujang

Mardi Anak Bujang merupakan pesepakbola negara tetangga kita, Brunei Darussalam. Dia sempat beberapa kali dipanggil membela timnas Brunei. Mardi berposisi sebagai gelandang.

Dia memiliki saudara kembar bernama Hardi Bujang. Sekarang Mardi sudah mengganti namanya. Setelah menjadi muallaf, Mardi memakai nama Muhammad Mardi Mirza bin Abdullah.

Nama Bujang terasa aneh bagi orang Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Bujang memiliki arti laki-laki yang belum menikah.

6 dari 11 halaman

Kawin Thamsatchanan

Kiper Thailand, Kawin Thamsatchanan
Kiper Thailand, Kawin Thamsatchanan (Foto: Istimewa)

Selain Mardi Anak Bujang, ada satu lagi pesepakbola Asia Tenggara yang bernama unik bagi orang Indonesia yakni kiper timnas Thailand Kawin Thamsatchanan. Di KBBI, Kawin memiliki arti membentuk keluarga dengan lawan jenis.

Kawin sekarang menjadi kiper nomor satu Thailand. Dia merupakan salah satu pahlawan Thailand menjuarai Piala AFF 2014 dan SEA Games 2013.

Pemuda 24 tahun itu sempat dilirik Manchester United ketika Thailand dilatih Bryan Robson.

7 dari 11 halaman

Petr Janda

Petr Janda
Petr Janda (AFP)

Apa yang terlintas dipikiran orang Indonesia bila mendengar kata Janda? Tentu saja bagi orang Indonesia, Janda berarti wanita yang tidak bersuami lagi karena bercerai ataupun karena ditinggal mati suaminya.

Namun di Republik Ceko, ada pemain bola yang menggunakan nama Janda. Pemain tersebut adalah Petr Janda. Saat ini Janda bermain untuk TJ Blatna.

Sebelumnya Janda lama berkarier bersama klub elit Ceko Slavia Praha.

8 dari 11 halaman

Duda

Duda
Duda (UEFA)

Bila Ceko punya Janda, Portugal memiliki Duda. Pria 39 tahun itu memiliki nama lengkap Sergio Paulo Barbosa Valente. Namun selama ini lebih dikenal dengan panggilan Duda.

Di Indonesia, Duda merupakan panggilan untuk pria telah bercerai atau ditinggal istrinya karena meninggal dunia.

Menariknya Duda dan Janda sempat bertemu dalam sebuah pertandingan di Piala UEFA (sekarang bernama Liga Europa) beberapa musim lalu. Duda lama bermain di Spanyol. Dia kini sudah pensiun. Klub terakhir Duda adalah Malaga.

9 dari 11 halaman

Adem Sari

Adem Sari
Adem Sari

Pemain asal Turki ini memiliki nama yang sangat menggelitik. Mungkin di negara asalnya, nama Adem Sari tersebut terdengar biasa saja. Namun di Indonesia, nama tersebut sama persis dengan merk minuman penyegar.

Adem Sari bukanlah pemain bintang. Sebab ia hanya memperkuat tim-tim kecil yang bermain di divisi dua liga Turki. Dirnya bahkan belum pernah membela negaranya di kancah internasional.

Bila merumput di Indonesia, bukan tidak mungkin Adem Sari akan dikontrak perusahan minuman penyegar itu sebagai bintang iklan.

10 dari 11 halaman

Jesus Corona

Jesus Corona
Selebrasi Jesus Corona usai merobek jala AS Roma, pada Leg 2 Babak Play-off Liga Champions 2016-2017, di Stadion Olimpico, Roma, Rabu (24/8/2016) dini hari WIB. Corona membawa Porto lolos ke fase grup. (EPA/Max Rossi)

Nama Jesus Corona naik daun di tahun 2020. Dia sering jadi bahan pergunjingan dan meme di media sosial.

Maklum saja pemain FC Porto ini memiliki nama yang sama dengan virus mematikan corona Covid-19 yang sedang menjadi pandemi di seluruh dunia.

Pemuda 27 tahun itu berasal dari Meksiko. Corona termasuk pemain serba bisa. Selain sebagai bek kanan, Corona juga bisa dimainkan di sektor sayap.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Liputan6.com (Thomas/Edu Krisnadefa, Published 2/7/2020)

11 dari 11 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓