Vietnam Krisis Pemain Muda Berbakat, Park Hang-seo Kesulitan Cari Wajah Baru

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 04 Jul 2020, 20:45 WIB
Diperbarui 04 Jul 2020, 20:45 WIB
Timnas Vietnam U-22
Timnas Vietnam U-22 bakal menantang Timnas Indonesia U-22 di final SEA Games 2019. (Bola.com/Muhammad Iqbal Icshan)

Bola.com, Hanoi - Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, mengaku mulai mengkhawatirkan masa depan sepak bola di negara tersebut. Pria asal Korea Selatan itu mengakui Vietnam mulai kekurangan pemain muda berbakat.

Pada 1 Juli 2020, Park Hang-seo memanggil 28 pemain U-21 untuk mempersiapkan tim jelang SEA Games 2021. Para pemain tersebut merupakan sosok yang jarang bermain di liga.

Langkah itu dilakukan Park Hang-seo untuk memberi pemain lebih banyak waktu berada di lapangan. Maklum, klub di V-League jarang memberikan kesempatan kepada pemain muda lokal karena lebih suka kepada pemain asing dan yang berpengalaman.

"Ketika saya datang ke Vietnam pada tiga tahun lalu, ada banyak pemain muda berbakat seperti Nguyen Cong Phuong, Luong Xuan Truong, dan Do Duy Manh. Namun, saat ini tidak ada banyak bakat seperti itu," kata Park Hang-seo seperti dikutip VNExpress, Sabtu (4/7/2020).

Park Hang-seo berharap masalah ini bisa serius diselesaikan oleh pemerintah setempat. Pelatih berusia 62 tahun meminta pemerintah mengatur jumlah pemain asing di V-League.

"Saya berharap beberapa perubahan dapat dilakukan untuk menciptakan lebih banyak kesempatan bagi mereka untuk bermain. Misalnya, dapat membatasi jumlah pemain asing di liga sehingga klub menggunakan lebih banyak pemain muda," tegas Park Hang-seo.

SEA Games 2021 menjadi pertaruhan buat Vietnam. Sebagai tuan rumah, Timnas Vietnam diharapkan bisa mempertahankan medali emas pada ajang dua tahunan tersebut.

2 dari 3 halaman

Berburu Pemain Baru

Park Hang-seo
Pelatih Timnas Vietnam U-22, Park Hang-seo. (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan.

Park Hang-seo saat ini fokus berburu pemain baru untuk masa depan Timnas Vietnam. Bersama asistennya, Park Hang-seo rajin menghadiri laga V-League untuk berburu pemain sesuai dengan keinginannya.

Park Hang-seo mengaku kriteria pemain yang dibutuhkannya adalah yang punya kualitas fisik. Selain itu, harus terampil bermain di posisinya.

"Seperti yang Anda lihat, Timnas Vietnam masih terdiri dari wajah-wajah yang biasanya. Nyaris tidak ada pemain baru. Kriteria pemain yang saya inginkan adalah harus bermain bagus di posisi yang ditentukan," ujar Park Hang-seo.

"Selain itu, kekuatan fisik juga menjadi kriteria. Ketika pemain muda tidak cukup punya waktu bermain, cukup sulit untuk menemukan yang cocok," tegas Park Hang-seo.

Sumber: VNExpress

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
6 Kiper Terbaik Era 90an, Manchester United Sumbang Dua Nama